Jokowi-Anwar Ibrahim Sepakat MoU Perbatasan Sebatik dan Sinapad Selesai Tahun Ini

Senin, 09 Januari 2023 - 13:02 WIB
loading...
Jokowi-Anwar Ibrahim Sepakat MoU Perbatasan Sebatik dan Sinapad Selesai Tahun Ini
Presiden Jokowi dan PM Malaysia Anwar Ibrahim sepakat bahwa MoU mengenai perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM Malaysia Anwar Ibrahim sepakat bahwa MoU mengenai perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini.

"Mengenai perbatasan, tadi kita telah membicarakan dan bersepakat agar MoU perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini," ujar usai menggelar pertemuan bilateral dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1/2023). Baca juga: Momen Jokowi Bersama Anwar Ibrahim Tanam Pohon dan Keliling Kebun Raya Bogor

Selain perbatasan darat tersebut, Jokowi juga menyepakati MoU terkait perjanjian laut di wilayah Sulawesi dan selat Malaka dengan PM Anwar Ibrahim.

"Dan juga perjanjian laut wilayah di laut Sulawesi dan di Selat Malaka bagian selatan juga bisa disepakati tahun ini," jelasnya.

Jokowi juga mengapresiasi dukungan PM Anwar Ibrahim dalam perjanjian Flight Information Region Indonesia-Singapura. Dengan dukungan tersebut, kata Jokowi, Indonesia bisa melanjutkan ke proses selanjutnya pada Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Organization (ICAO).

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi dukungan Malaysia terhadap perjanjian FIR Flight Information Region Indonesia-Singapura. Dengan Dukungan ini proses berikutnya di ICAO akan dapat dilanjutkan," jelasnya.

Tidak hanya itu, Jokowi dan Anwar Ibarahim bersepakat untuk memperkuat kerja sama meningkatkan pasar minyak kelapa sawit.

"Kita juga tadi bersepakat memperkuat kerjasama melalui consul of palm oil producing countries (cpopc) untuk meningkatkan pasar minyak kelapa sawit dan memerangi diskriminasi terhadap kelapa sawit," kata Jokowi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)