Jelang Reshuffle Kabinet, PAN Contohkan Asman Abnur Mundur dari Menteri

Senin, 09 Januari 2023 - 12:35 WIB
loading...
Jelang Reshuffle Kabinet, PAN Contohkan Asman Abnur Mundur dari Menteri
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Alasannya bukan hanya soal evaluasi kinerja tapi juga pertimbangan politik.

"Reshuffle itu hak prerogatif presiden, baik tentang kinerja menteri atau soal politik," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Senin (9/1/2023).

Viva Yoga mencontohkan langkah PAN saat periode pertama Presiden Jokowi. Waktu itu, kader PAN Asman Abnur yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), mengundurkan diri menjelang Pemilu 2019 karena PAN berbeda sikap politik dengan partai koalisi pemerintah.

Baca juga: Digoyang Isu Reshuffle, Nasdem Tegaskan Tidak Akan Keluar dari Koalisi Jokowi

"Karena menjelang Pemilu 2019, PAN berbeda sikap politik dengan partai koalisi pemerintah dalam hal pasangan calon di pilpres," katanya.

Viva menjelaskan, mundurnya Asman Abnur sebagai menteri tidak terkait kinerjanya. Namun sikap tersebut sebagai bentuk etika dan fatsun politik yang ditunjukkan PAN lantaran memilih sikap politik yang berbeda saat itu.

"Dari sisi kinerja, Pak Asman dinilai sangat baik dalam merealisasikan program reformasi birokrasi," katanya.

Baca juga: Ditanya Reshuffle Kabinet, Menpora: Saya Enggak Mikirin

Meskipun begitu, ia menyadari setiap fase pemerintahan mengalami pernak-pernik dan konfigurasi politik yang berbeda-beda.

"Dalam hal ini, PAN tetap akan menghormati dan mendukung setiap kebijakan Presiden Jokowi dalam meningkatkan kinerja pemerintah," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)