Rampai Nusantara Apresiasi Kinerja Kapolri di 2022

Minggu, 08 Januari 2023 - 14:46 WIB
loading...
Rampai Nusantara Apresiasi Kinerja Kapolri di 2022
Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara, Mardiansyah. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sejak dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 Januari 2021, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusung semangat transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan). Hampir dua tahun berlalu, Sigit dinilai berhasil menangani sejumlah persoalan di tubuh Polri dan membantu penanganan pandemi Covid-19.

Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara, Mardiansyah menilai kebijakan Listyo Sigit Prabowo sejak menjabat Kapolri disambut baik masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari indeks kepercayaan publik terhadap Polri yang terus membaik.

"Saya rasa sejak awal menjabat, Jenderal Sigit memang sangat terlihat memiliki keinginan keras untuk memperbaiki Institusi Polri secara menyeluruh, dengan melakukan setapak demi setapak perubahan untuk mewujudkan Polri yang Presisi. Dengan memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat yang langsung mendapat respons baik. Publik pun memberikan dukungan dan kepercayaan sangat tinggi kepada Kapolri dan Polri secara institusi," kata Mardiansyah, Minggu (8/1/2023).

Sejak pertengahan hingga menjelang akhir 2022, kata Mardiansyah, ada beberapa peristiwa hukum besar yang menarik perhatian publik karena melibatkan petinggi Polri. Hal ini membuat kepercayaan publik merosot tajam. Namun, Sigit mengambil langkah cepat untuk membenahi institusi. Semua anggota yang melakukan pelanggaran baik secara etik maupun pidana langsung diproses dan tidak sedikit yang mendapat sanksi PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat).

"Ujian berat menerpa Kapolri ketika peristiwa hukum melibatkan petinggi Polri. Namun harus kita akui langkah cepat Kapolri mengatasi persoalan ini telah berhasil membuat publik kembali percaya bahwa Polri tetap profesional dan mampu mengemban tugas sebagai pengayom masyarakat dan juga dalam hal penegakan hukum," kata Mardiansyah yang juga Aktivis 98 ini.

Rampai Nusantara optimistis Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat melakukan reformasi berkelanjutan walau banyak ujian datang menghantam. Dia meyakini Sigit akan mampu mengatasi semua itu dengan baik dan Polri ke depan akan semakin kuat dan maju.

"Kami sangat optimis, Jenderal Sigit akan mampu mengatasi berbagai persoalan yang datang. Polri akan semakin baik, profesional, dan tentu berpihak pada kepentingan masyarakan," katanya.

Mardiansyah menganggap Polri telah berhasil menjaga Nusantara tetap aman dan kondusif sepanjang 2022. Dia berharap, semoga Polri akan terus meningkatkan performa anggotanya sehingga kepercayaan publik kembali diraih dengan tinggi.

"Tentu akan banyak juga gangguan dan cobaan tapi hal itu tidak akan berarti apa-apa ketika Polri selalu berniat baik dengan mengedepankan kepentingan rakyat atau masyarakat secara menyeluruh. Maju terus Jenderal Sigit. Jika hal baik itu yang terus dilakukan tentu kami semua akan selalu memberikan dukungan dan kepercayaan penuh," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)