Kenapa Gerindra Absen di Pertemuan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup? Ini Alasannya

Minggu, 08 Januari 2023 - 14:53 WIB
loading...
Kenapa Gerindra Absen di Pertemuan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup? Ini Alasannya
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra absen dalam pertemuan partai politik ( parpol ) parlemen yang menolak sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). Gerindra merupakan salah satu parpol parlemen yang juga menolak sistem coblos gambar partai itu.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara mengenai ketidakhadiran perwakilan partainya dalam pertemuan tersebut. Absennya Gerindra pada pertemuan itu bukan berarti tidak ikut dalam sikap Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, PAN, PKB, PPP, dan PKS.

"Karena itu pada prinsipnya Gerindra ikut terhadap sikap menolak proporsional tertutup," kata Dasco saat dihubungi, Minggu (8/1/2023).



Dasco pun menjelaskan alasan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maupun perwakilan dari partainya tidak hadir dalam pertemuan itu. "Tetapi memang, karena ketua umum kami berhalangan ada kegiatan yang sudah diagendakan dan tidak bisa dijadwalkan kembali, sehingga semua berhalangan hadir," jelasnya.

"Demikian juga sekjen dan beberapa wakil ketua umum sudah diagendakan sejak seminggu lalu untuk menyerahkan bantuan korban banjir ke Jawa Tengah. Saya sendiri dari kemarin sudah berangkat ke luar kota," sambungnya.

Dia menegaskan Gerindra sejak awal menolak sistem proporsional tertutup. "Kemarin, ketum kami dalam peresmian Badan Pemenangan Pilpres sudah menyampaikan hal yang sama bahwa Gerindra untuk asas keadilan keterbukaan juga menolak proporsional tertutup. Dengan alasan bahwa biarkan rakyat yang memilih wakilnya bukan partai," imbuhnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)