Profil Partai Ummat, Partai Amien Rais yang Kini Lolos dalam Pemilu 2024

Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:08 WIB
loading...
Profil Partai Ummat, Partai Amien Rais yang Kini Lolos dalam Pemilu 2024
Partai Ummat merupakan partai islam yang baru saja dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pemilu 2024 mendatang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Ummat merupakan partai islam yang baru saja dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pemilu 2024 mendatang. Keputusan tersebut berdasarkan hasil verifikasi faktual di seluruh provinsi di Indonesia.

Sebelumnya partai yang didirikan oleh Amien Rais ini tidak lolos sebagai peserta dalam pemilu 2024, karena tidak memenuhi syarat di dua wilayah besar Indonesia yakni Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dengan adanya hal tersebut partai dengan jargon lawan kezaliman ini mengajukan gugatan ke Bawaslu dan berhasil diberikan kesempatan untuk mengajukan perbaikan dalam verifikasi faktual pada tiap provinsi.

Baca juga : Cerita di Balik Nama Partai Ummat

Sehingga pada akhir tahun 2022, Partai Ummat telah lolos verifikasi faktual dan dinyatakan memenuhi syarat di dua wilayah tersebut.

Berikut profil dari Partai Ummat, partai yang baru lolos dalam pemilu 2024.

Dikutip dari laman resminya, Partai ummat telah dideklarasikan resmi pada tanggal 21 April 2021 atau bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1442 H. Pada pendeklarasian tersebut, sekaligus menghasilkan nama Ridho Rahmadi sebagai ketua umumnya.

Meskipun masih tergolong baru, Ummat telah diisi oleh banyak kalangan senior politisi Indonesia, berikut susunannya :

Majelis Syuro Partai Ummat

- Ketua Majelis Syuro: Amien Rais
- Wakil Ketua 1: MS Kaban
- Wakil Ketua 2: Thalib Sagaf Aldjufri
- Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)