alexametrics

Virus Covid-19 Menyebar Lewat Droplets, Yuri: Gunakan Masker dengan Benar

loading...
Virus Covid-19 Menyebar Lewat Droplets, Yuri: Gunakan Masker dengan Benar
Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto. Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Virus Corona (Covid-19) dapat menyebar melalui droplets dari orang yang membawa virus ke orang yang sehat. Oleh karena itu, penggunaan masker bersamaan dengan face shield diyakini mampu menurunkan potensi terpapar Covid-19.

“Sisi yang lain penularan melalui droplet harus kita cegah. Kita tidak boleh mengandalkan hanya menggunakan face shield saja. Gunakan masker ini yang penting dan gunakan masker apapun,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto, di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Yuri pun menegaskan penggunaan masker harus dengan benar. Dia menyadari bahwa masker yang tidak convert, tidak nyaman bahkan membuat orang menjadi tidak bisa bertahan lama menggunakan masker. (Baca juga: Pandemi Corona, Penggunaan Internet Masyarakat Melonjak)

"Oleh karena itu pilihlah masker yang nyaman masker yang masih memberikan ruang diantara masker dengan lubang hidung, ada ruang sehingga kita bisa bernafas dengan baik,” tegasnya.



Yuri mengingatkan dalam menggunakan masker jangan menurunkan masker ke dagu. Hal ini sama saja akan mencemari masker yang kita pakai dengan virus lain. (Baca juga: Positif Covid-19 Bertambah 1.681, Gugus Tugas Minta Waspadai Microdroplet)

“Kita tidak menyadari bahwa menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin nempel dagu. Sehingga kalau kemudian kita naikkan lagi ke atas itu tidak memberikan makna yang baik untuk kita,” katanya.



Oleh karena itu kalau memang terpaksa harus melepas masker lepas, jangan disangkutkan di dagu. Karena troubled atau kuman penyakit yang ada di luar yang mungkin nempel di dagu pindah ke bagian dalam dari masker.

Kemudian, pada saat akan makan, pada saat akan berbicara pada suatu forum, sebaiknya lepas masker. “Bukan diturunkan ke dagu. Setelah selesai digunakan lagi dengan tetap menjaga bagian dalam masker tetap tidak terpapar benda yang lain ini menjadi penting untuk kita,” tukasnya Yuri.
(thm)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak