Kaleidoskop 2022: Lima Mantan Menteri Meninggal Dunia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 22:19 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: Lima Mantan Menteri Meninggal Dunia
Lima mantan menteri di berbagai era pemerintahan meninggal dunia pada tahun 2022 ini. Foto/Dok SINDOnews, Okezone, dan Istimewa
A A A
JAKARTA - Lima mantan menteri di berbagai era pemerintahan meninggal dunia pada tahun 2022 ini. Dua di antaranya dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Sepanjang tahun ini, Indonesia kehilangan sejumlah tokoh bangsa yang pernah menjadi menteri di berbagai era pemerintahan. Berdasarkan catatan SINDOnews, ada lima mantan menteri yang meninggal dunia pada tahun ini. Siapa saja? Berikut rangkumannya:

1. Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), meninggal dunia di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (9/2/2022). Yahya meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Yahya Muhaimin lahir di Brebes, 17 Mei 1943. Selain menjadi menteri di era Gus Dur, Yahya juga dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah.



Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengenang Yahya Muhaimin sebagai guru dan sosok sederhana. "Beliau adalah guru dan tokoh kami yang rendah hati, bergaul dan ramah menyapa kepada kader muda Muhammadiyah. Beliau sosok intelektual teladan yang menunjukkan kata sejalan tindakan. Meski kritis tetap rendah hati dan tidak tampak aura arogansi dengan kemampuannya yang mumpuni," tutur Haedar, Rabu (9/2/2022).

Jenazah Yahya Muhaimin dimakamkan di TPU Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

2. Fahmi Idris

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu (22/5/2022). Tokoh senior Golkar ini meninggal pada usia 79 tahun.

Fahmi Idris dikenal sebagai aktivis dan salah satu politikus kawakan Indonesia. Lahir di Jakarta pada 20 September 1943, Fahmi Idris akrab dengan jabatan-jabatan publik pada masa kepemimpinan politik yang berbeda. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Reformasi Pembangunan, serta Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Bersatu.



Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengenang Fahmi Idris sebagai sosok aktivis pekerja keras yang mudah bergaul dengan semua kalangan. "Saya mengingat, almarhum Prof Fahmi Idris seorang aktivis, pekerja keras, mudah bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat dari kelompok maupun usia yang berbeda," tutur Airlangga, Minggu (22/5/2022).

Jenazah Fahmi Idris dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

3. Bambang Subianto

Menteri Keuangan (Menkeu) Kabinet Reformasi Pembangunan Bambang Subianto meninggal dunia pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan, Jumat (4/11/2022). Bambang menjabat Menkeu pada 23 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999.

Jenazah Bambang Subianto dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi inspektur upacara dalam pemakaman tersebut.



Sri Mulyani mengaku belajar sangat banyak mengenai penanganan krisis dan pilihan-pilihan kebijakan yang sulit. Meski relatif singkat dalam menjabat sebagai Menteri Keuangan, kata Sri, Bambang adalah sosok yang berjasa meletakkan fondasi reformasi ekonomi dan keuangan Indonesia. "Seseorang yang memiliki integritas tinggi dan komitmen serta dedikasi dan ketekunan luar biasa untuk menangani persoalan bangsa yang sangat sulit, rumit dan menantang," tulis Sri Mulyani di akun Instagram @smindrawati.

4. Ferry Mursidan Baldan

Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang (2014-2016) meninggal dunia, pada Jumat (2/12/2022). Ferry meninggal dunia pada usia 61 tahun.

Ferry yang lahir di Jakarta, 16 Juni 1961, ditemukan meninggal dunia di dalam mobil yang terparkir di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Diduga Ferry terkena serangan jantung.

"Beliau adalah seseorang yang sangat baik dan bekerja dengan baik," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan sosok Ferry.

Mantan Wapres Jusuf Kalla Selain mengenang Ferry sosok yang baik, cerdas, dan mudah bergaul. "Sosoknya itu baik, cerdas, dan mempunyai teman di mana saja. Dia juga rajin olahraga. Kalo kita joging di GBK semua orang di situ kenal dia, teman dia," ungkap JK.



Jenazah eks ketua umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) dan mantan anggota DPR RI tersebut dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

5. Subroto

Menteri Pertambangan dan Energi Periode 1978-1988 Prof Subroto meninggal dunia pada Selasa (20/12/2022) pukul 16.25 WIB di Jakarta. Subroto meninggal dunia pada usia 99 tahun.



Sebelumnya, Subroto menjalani perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Jenazah Subroto dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 21 Desember 2022.

"Begitu banyak sumbangsih yang diberikan bagi negara, tidak hanya kita di sini yang hadir yang merasa kehilangan, namun seluruh negeri turut merasakan kehilangan atas kepergian almarhum," tutur Menteri ESDM Arifin Tasrif yang memimpin upacara militer pemakaman Subroto.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)