Kaleidoskop 2022: Lima Mantan Menteri Meninggal Dunia

Sabtu, 31 Desember 2022 - 22:19 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: Lima Mantan Menteri Meninggal Dunia
Lima mantan menteri di berbagai era pemerintahan meninggal dunia pada tahun 2022 ini. Foto/Dok SINDOnews, Okezone, dan Istimewa
A A A
JAKARTA - Lima mantan menteri di berbagai era pemerintahan meninggal dunia pada tahun 2022 ini. Dua di antaranya dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Sepanjang tahun ini, Indonesia kehilangan sejumlah tokoh bangsa yang pernah menjadi menteri di berbagai era pemerintahan. Berdasarkan catatan SINDOnews, ada lima mantan menteri yang meninggal dunia pada tahun ini. Siapa saja? Berikut rangkumannya:

1. Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), meninggal dunia di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (9/2/2022). Yahya meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Yahya Muhaimin lahir di Brebes, 17 Mei 1943. Selain menjadi menteri di era Gus Dur, Yahya juga dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah.



Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengenang Yahya Muhaimin sebagai guru dan sosok sederhana. "Beliau adalah guru dan tokoh kami yang rendah hati, bergaul dan ramah menyapa kepada kader muda Muhammadiyah. Beliau sosok intelektual teladan yang menunjukkan kata sejalan tindakan. Meski kritis tetap rendah hati dan tidak tampak aura arogansi dengan kemampuannya yang mumpuni," tutur Haedar, Rabu (9/2/2022).

Jenazah Yahya Muhaimin dimakamkan di TPU Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

2. Fahmi Idris

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu (22/5/2022). Tokoh senior Golkar ini meninggal pada usia 79 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)