Kapolri Mutasi 7 Perwira Adhi Makayasa, Nomor 3 Eks Ajudan Jokowi

Senin, 26 Desember 2022 - 09:25 WIB
loading...
Kapolri Mutasi 7 Perwira Adhi Makayasa, Nomor 3 Eks Ajudan Jokowi
Brigjen Pol Jhonny Edison Isir peraih Adhi Makayasa mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai ajudan saat Sidang Tahunan MPR pada 2017. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi 704 perwira Korps Bhayangkara. Dalam kebijakan terbaru ini terdapat tujuh lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) atau peraih penghargaan Adhi Makayasa yang turut berganti jabatan.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri, masing-masing Nomor: ST/2774/XII/KEP./2022; Nomor: ST/2775/XII/KEP./2022; Nomor: ST/2776/KEP./2022; dan Nomor: ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat diteken Asisten SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.

“Mutasi jabatan hal biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty, juga dalam rangka penyegaran serta promosi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (27/12/2022).

Para lulusan terbaik Akpol yang mendapat job baru dari Kapolri di antaranya Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Jenderal Adhi Makayasa 1990 itu digeser dari Kasespim Lemdiklat Polri sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri. Penggeseran ini tertuang dalam Telegram ST/2775.

Nahak berpengalaman di bidang reserse. Kariernya terbilang mentereng, dimulai dari Danton Sabhara Ditsamapta Polda Metro Jaya pada 1991 dan terus melesat hingga tembus bintang. Pada 2020, polisi kelahiran 13 Agustus 1968 ini dipromosikan sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Tak sampai setahun dia ditarik menjadi Kasespim.

Adapula Irjen Pol Alberd Teddy Benhard Sianipar. Kapolri menunjuk lulusan Adhi Makayasa 1994 yang berpengalaman dalam bidang reserse tersebut untuk bertugas di luar struktur Polri.

“Irjen Pol Alberd Teddy Benhard Sianipar, Karojianstra Sops Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri (penugasan pada PPATK,” bunyi salinan Telegram ST/2775.

Teddy sesungguhnya telah digeser ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak Oktober 2020. Di lembaga itu, mantan Kapolres Karo Polda Sumatera Utara itu menjabat sekretaris utama atau sestama.

Menariknya, yang menggantikan Teddy sebagai Karojianstra Sops Polri ternyata juga perwira Polri dengan predikat Adhi Makayasa. Sosok tersebut yakni Brigjen Pol Jhonny Edison Isir yang saat ini menjabat Wakapolda Sulawesi Utara. Dalam rekam jejaknya, Jhonny pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk diketahui, penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI (Akmil, AAL dan AAU) serta Polri (Akpol). Penerima penghargaan ini yaitu mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3445 seconds (0.1#10.140)