Fahri Hamzah Tantang KPU Siapkan Forum untuk 17 Parpol Adu Gagasan

Minggu, 25 Desember 2022 - 17:52 WIB
loading...
Fahri Hamzah Tantang KPU Siapkan Forum untuk 17 Parpol Adu Gagasan
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah menantang KPU menyiapkan forum bagi 17 parpol peserta Pemilu 2024 adu gagasan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah menantang Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyiapkan forum bagi 17 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. Forum tersebut adu gagasan dan menunjukkan perbedaannya dengan parpol peserta pemilu lainnya.

Dengan adanya forum yang digagas KPU nanti, Fahri menjelaskan, maka tidak ada lagi pertanyaan yang hanya dialamatkan kepada partai baru mengenai perbedaannya dengan parpol lain.

“Nah sekarang pertanyaannya, apa medium dari penyelenggara pemilu yang bisa diberikan kepada 17 partai politik, untuk mempresentasikan atau memaparkan perbedaan mereka antara partai lainnya, termasuk Gelora Indonesia,” kata Fahri, Minggu (25/12/2022).



Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menyebut, ada tiga hal yang bisa dipaparkan oleh 17 parpol. Di antaranya, penjelasan tentang ciri-ciri atau identitas, visi misi dan latar belakang lahirnya partai politik tersebut.



Kemudian, sambung dia, bagaimana partai politik tersebut mengidentifikasi masalah nasional dan bagaimana solusinya. Terakhir, bagaimana kandidat yang disiapkan dan seperti apa kemampuanya.

“Inilah sebenarnya hal-hal yang sangat diperlukan untuk difasilitasi,sehingga penyelenggara pemilu harus memastikan ada medium untuk membedah perbedaan-perbedaan itu,” tegasnya.

Dengan demikian, kata mantan politisi PKS ini, parpol peserta pemilu tidak boleh lagi bermain di luar gelanggang atau arena. Karena itu penyelenggara pemilu harus menyiapkan gelanggangnya. “Kalau sudah ada gelanggangnya baru kita ungkapkan rencana partai ke depan,” imbuhnya.

Sebab, kata Fahri, kalau hanya Partai Gelora atau parpol baru lainnya yang hanya bicara sendiri di luar gelanggang, bagaimana membandingkannya dengan parpol lain. Dan itu menyebabkan partai seperti bertepuk sebelah tangan.

“Jadi sekali lagi, sediakan medium dan wadahnya supaya pertandingan ini menjadi lebih asyik bagi rakyat dan penontonnya bisa banyak, untuk mengaktifkan partisipasi publik yang lebih luas,” tandas Fahri.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)