Usut Tudingan Manipulasi Data untuk Loloskan Parpol, KPU: Kami Siap Jelaskan

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:41 WIB
loading...
Usut Tudingan Manipulasi Data untuk Loloskan Parpol, KPU: Kami Siap Jelaskan
KPU tengah menelusuri tudingan terkait dugaan intimidasi dan manipulasi data. Hal ini terkait dengan verifikasi untuk meloloskan parpol dalam Pemilu 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menelusuri tudingan terkait dugaan intimidasi dan manipulasi data. Hal ini terkait dengan verifikasi untuk meloloskan partai politik (parpol) dalam Pemilu 2024.

Demikian diungkapkan oleh Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Internal KPU Mochamad Afifuddin, usai peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2022).

"Kami menelusuri informasi yang beredar. Pada saat yang sama kita mengikuti proses penetapan partai dan pengambilan nomor urut," ucapnya.



KPU RI dituding manipulasi data untuk meloloskan Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) ke pesta demokrasi itu.

"Tentu ketidakpuasan atas situasi itu pasti ada dampak dan mekanismenya. Mungkin ada yang ke Bawaslu, ke DKPP, kami siap untuk menjelaskan dan memberikan penjelasan dan ditanyakan misalnya oleh partai yang tak masuk (tak lolos menjadi peserta Pemilu 2024)" jelas Afifuddin

"Dan internal kita melakukan proses penelitian dan juga pemeriksaan terhadap informasi di lokus dan fokus yang disoal oleh beberapa pihak tersebut," tambah Afifuddin.

Dia mengatakan temuan awal KPU saat ini baru sekadar informasi soal somasi yang disampaikan melalui media massa. Itu pun belum semuanya fokuskan.

"Ya Kami bahas lah di internal. Kira-kira dua hari lalu poin somasi itu kita terima. Kami di divisi hukum dan pengawasan melacak di mana lokus dan fokus yang disoal teman-teman yang menyampaikan somasi dan lewat media," jelas Afifuddin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)