KIB Mulai Bahas Nama Potensial Capres 2024, Siapa Dia?

Sabtu, 24 Desember 2022 - 16:01 WIB
loading...
KIB Mulai Bahas Nama Potensial Capres 2024, Siapa Dia?
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan kepada media usai menggelar pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Jakarta, Rabu (30/11/2022). FOTO/SINDOnews/SURATMAN
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah mulai membahas mengenai nama-nama tokoh yang berpotensi diusung sebagai calon presiden ( capres) 2024 . Nama-nama yang dilirik tidak hanya didasarkan pada hasil survei tapi dipertimbangkan faktor lain.

Hal ini disampaikan politikus Partai Golkar Maman Abdurrahman saat ditanya mengenai dinamika di internal KIB. Koalisi ini diinisiasi oleh tiga parpol yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Udah ada pembahasan kan di internal, segala macem," kata Maman, Sabtu (24/12/2022).

Baca juga: Soal Capres-Cawapres KIB, PPP: Idealnya Kombinasi Tokoh Eksternal dan Internal

Namun Maman enggan mengungkap siapa sosok yang tengah dibahas dalam internal KIB. Menurutnya, pembahasan mengenai capres tidaklah mudah. "Dinamika politik enggak sesederhana yang kita anggap. Enggak bisa sekadar lihat hasil survei, enggak bisa dilihat dukungan partai. Artinya kan kompleksitasnya ada," ujarnya.

Maman berpendapat ada aspek formal dan nonformal yang harus dimiliki Capres 2024. Untuk aspek formal, sosok tersebut tentu harus mendapatkan dukungan partai minimal 20% atau sebagaimana diatur dalam presidential threshold. Sementara, aspek nonformal tak terlepas dari persepsi publik atas tokoh tersebut seperti apa.

"Saya pikir pegangan kita di situ dulu," ujarnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)