Mendes PDTT Raih Doktor HC, Gus Jazil: Terus Berjuang Sejahterakan Desa

Sabtu, 11 Juli 2020 - 18:00 WIB
loading...
Mendes PDTT Raih Doktor HC, Gus Jazil: Terus Berjuang Sejahterakan Desa
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid memberikan salam ucapan selamat kepada Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa.
Penyerahan gelar Doktor HC tersebut dilakukan di Kampus UNY, Sabtu (11/7/2020) pagi.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid yang hadir dalam penyerahan Gelar Doktor HC tersebut mengucapkan selamat atas penghargaan tersebut. "Saya selaku Wakil Ketua MPR dan Waketum PKB, serta sebagai sahabat, menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada Gus Halim Iskandar yang mendapatkan Doktor HC dari UN Yogyakarta. Terus berjuang memberdayakan masyarakat desa," tutur Gus Jazil.

Menurut pria yang biasa disapa Gus Jazil ini, Mendes PDTT adalah sosok yang benar-benar mengerti persoalan desa karena memang lahir desa, orang desa dan mencintai masyarakat desa hingga menjadi menteri yang membidangi desa dan daerah tertinggal. Gelar Doktor HC pun diterima dengan orasi ilmiah berjudul Kebijakan Strategis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Desa.

"Gus dan Doktor Desa, semua serba desa," kelakar Gus Jazil.( )

Anggota Komisi III DPR ini berharap, dengan gelar HC yang diterimanya, Gus Halim semakin giat dan kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Dari berbagai karya ilmiah yang telah disusun, saya yakin Gus Halim akan sukses dan berprestasi dalam memimpin Kemendes PDTT. Bila masyarakat desa maju maka Indonesia akan maju. Membangun Indonesia dari desa pinggiran," kata pejabat asal Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur ini.

Hadir pada acara penyerahan penghargaan tersebut antara lain Ketua Umum DPP PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Mendag Agus Suparmanto, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Ketua Komis X DPR Syaiful Huda, Ketua Komisi VI Faisol Reza, serta para ketua DPW PKB se-Indonesia.

Hadir pula sejumlah kiai dan para gus dari berbagai daerah di Jatim, Jateng dan Yogyakarta. Termasuk Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Gus Muwafiq, dan KH Abdussalam.

Sementara itu, Gelar Doktor HC ini diberikan kepada ke pria yang akrab disapa Gus Menteri ini berdasarkan hasil kajian dari UNY bersama Tim Promotor yang telah mempelajari semua dokumen atas portofolio sejak 1987.

Gus Halim telah berkarir sebagai guru, dosen, anggota DPRD, wakil ketua DPRD, ketua DPRD Jatim hingga puncaknya menjadi Menteri Desa dan PDTT. Berdasarkan pengamatan itu, kunci keberhasilan Halim di pemberdayaan masyarakat.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)