Survei Charta Politika Tempatkan Ridwan Kamil Posisi Teratas Cawapres 2024

Kamis, 22 Desember 2022 - 18:55 WIB
loading...
Survei Charta Politika Tempatkan Ridwan Kamil Posisi Teratas Cawapres 2024
Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu tokoh potensial menjadi cawapres di Pilpres 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu tokoh potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang. Responden menjagokan Ridwan Kamil dengan dukungan 21,4%.

Posisi kedua, ditempati Sandiaga Uno meraih 17,6%. Disusul AHY (10,3%), Erick Thohir (8,4%), dan Khofifah Indar Parawansa (6,1%). Sedangkan 13 nama lainnya, hanya mengumpulkan di bawah 5%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menjelaskan survei tersebut dilaksanakan pada 8-16 Desember 2022. Melalui wawancara tatap muka secara langsung, dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

“Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, yang tersebar di 34 provinsi. Sampel dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ujarnya dalam rilis survei nasional Charta Politika bertajuk Tren Persepsi Publik dan Proyeksi Politik Menuju 2024, Kamis (22/12/2022).

Responden diberi pertanyaan yang berbunyi: “Jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang, siapa yang yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Wakil Presiden di antara nama-nama berikut ini?”

“(Hasilnya) pada kategori Wakil Presiden, Ridwan Kamil meraih 21,4% persen dan Sandiaga Uno 17,6 persen. (Ini) menjadi pilihan tertinggi responden,” jelasnya.

Tampak pula dari data yang dihimpun Charta Politika, periode Desember 2021 ke Desember 2022, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai kandidat kuat Wakil Presiden 2024 mengalami kenaikan dari angka 17,4% menjadi 21,4%. Ini menunjukkan kans Ridwan Kamil untuk bisa mendampingi kandidat calon presiden yang paling disukai serta akan dipilih publik nantinya.

Dukungan dan pilihan masyarakat kepada Ridwan Kamil tentu beralasan. Tengok saja dalam situasi bencana gempa bumi Cianjur, Gubernur Jawa Barat itu terjun langsung ke lapangan.

Memimpin dan mengarahkan jajarannya, termasuk berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur demi mempercepat proses evakuasi dan pengiriman logistik bagi para pengungsi.

Pemprov Jabar atas inisiatif Gubernur Ridwan Kamil juga meluncurkan platform pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Data Gempa Cianjur) yang dapat diakses lewat pisodapur.jabarprov.go.id.

Layanan digital bagi masyarakat yang ingin mengajukan bantuan logistik, pendaftaran relawan di lokasi terdampak, hingga aduan tentang rumah rusak dan alur distribusi logistik.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)