Spesifikasi SG-1 12 GAUGE, Shotgun Produksi Pindad

Rabu, 21 Desember 2022 - 15:46 WIB
loading...
Spesifikasi SG-1 12 GAUGE, Shotgun Produksi Pindad
SG-1 12 GAUGE merupakan salah satu jenis senjata shotgun yang telah diproduksi oleh PT Pindad (Persero). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - SG-1 12 GAUGE merupakan salah satu jenis senjata shotgun yang telah diproduksi oleh PT Pindad (Persero). SG-1 12 GAUGE merupakan shotgun yang memiliki laras dengan panjang mencapai 564 mm dan memiliki berat 3,05 Kilogram.

Banyak senjata yang telah diproduksi oleh perusahaan ini, mulai dari senjata laras panjang, pistol, senjata genggam hingga shoutgun atau biasa disebut dengan senapan gentel.

Kebanyakan senjata yang diproduksinya adalah untuk menyuplai senjata angkatan bersenjata nasional Republik Indonesia, namun juga untuk memenuhi pesanan dari pihak lain.

Baca juga : 5 Senjata Polisi Indonesia Buatan PT Pindad, Nomor 4 Jarak Tembak hingga 200 Meter

Produk senjata sampai saat ini masih ditingkatkan kualitasnya yakni berdasarkan penelitian dan juga pengembangan dari berbagai tim ahli pindad. Selain itu produknya juga dilengkapi dengan spesifikasi menarik seperti shotgun SG-1 12 GAUGE.

Selain itu senjata ini memiliki popor dengan bahan yang terbuat dari kayu walnut, sehingga dapat meningkatkan kecantikan dan juga kenyamanan pada setiap penggunanya.

Untuk melengkapi kenyamanan, shotgun ini juga memiliki mekanisme gas operated. Mekanisme ini dapat memungkinkan senapan untuk menembakkan berbagai amunisi, misalnya mulai dari amunisi konvensional slug sampai dengan karet.

Amunisi dari shotgun ini memiliki jarak efektif yang berbeda kartrid karet dengan jarak efektif 50 meter dan kartrid sinyal (MU19-ICW) dengan jangkauan efektif 50 meter.

Baca juga : 3 Senjata Sniper TNI Buatan PT Pindad Paling Mematikan, Terakhir Bisa Menembak dari Jarak 2 Km

Detail Spesifikasi dari SG-1 12 GAUGE.

- Berat kosong 2.850 gram
- Panjang barrel shotgun : 560 mm
- Amunisi: kartrid karet (jarak efektif 50 meter), kartrid sinyal (MU19-ICW) (jangkauan efektif 50 meter).
- Rentang efektif: 100 meter.

Senapan ini juga memiliki kapasitas peluru atau amunisi mencapai 4 + 1 atau dengan total 5 peluru.

Dengan spesifikasi tersebut, shotgun SG-1 12 GAUGE banyak digunakan untuk kebutuhan keamanan negara. Misalnya digunakan oleh polri, polhut, polsuspas dan juga pegawai BNN.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)