10 Kadet Unhan Tuntut Ilmu di Rabdan Academy UEA, Prabowo: Manfaatkan dengan Baik Kesempatan Ini

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:24 WIB
loading...
10 Kadet Unhan Tuntut Ilmu di Rabdan Academy UEA, Prabowo: Manfaatkan dengan Baik Kesempatan Ini
Menhan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 10 kadet mahasiswa S-1 Universitas Pertahanan (Unhan) di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (20/12/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada 10 kadet mahasiswa S-1 Universitas Pertahanan (Unhan) di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Pembekalan ini diberikan jelang keberangkatan para kadet ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengikuti program kuliah di Rabdan Academy.

Program ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Unhan dan Rabdan Academy pada September 2022. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Prabowo.

"Laksanakan tugas belajar ini dengan baik, dan manfaatkan kesempatan ini sebagai sebagai sarana membekali diri, bukan hanya dengan ilmu, tapi juga pengalaman internasional, sehingga memiliki wawasan yang luas untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan," kata Prabowo. Ia juga berharap agar para kadet dapat sekaligus menjadi duta bangsa yang memperkenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia.



Sepuluh kadet yang mengikuti program ini berasal dari Fakultas Teknik Militer dan Fakultas MIPA Militer. Mereka merupakan kadet tingkat tiga (semester enam) dengan pangkat sersan mayor dua kadet. Selama berada di UEA, mereka akan mempelajari berbagai ilmu di antaranya pertahanan (defense), keamanan (security), dan intelijen (intelligent issues).

Selain modernisasi alutsista dan penguatan postur TNI, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk pertahanan memang menjadi fokus Prabowo sejak awal mengemban tugas sebagai menteri. Salah satunya melalui pendirian S-1 Unhan.

Tidak hanya itu, Prabowo juga intens menjalin diplomasi pertahanan dengan sejumlah negara mitra untuk meningkatan kapasitas SDM dengan membuka peluang pengiriman siswa dari Indonesia agar bisa mengikuti pendidikan di sejumlah universitas atau akademi terkemuka di dunia, di antaranya Royal Military Academy Sandhursr, Inggris dan Akmil Amerika Serikat (AS) atau The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Baca juga: Prabowo Hadiri Kelulusan 2 Taruna Pertama Indonesia di RMAS, Seberapa Unggul Akademi Militer Itu?
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3378 seconds (0.1#10.140)