Pengamat Politik Nilai Erick Thohir Penerus Pemerintahan Jokowi Selanjutnya

Selasa, 20 Desember 2022 - 21:13 WIB
loading...
Pengamat Politik Nilai Erick Thohir Penerus Pemerintahan Jokowi Selanjutnya
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai bisa menjadi penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pemerintahan selanjutnya. Foto/Dok MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Arie Putra berpendapat bahwa Menteri BUMN Erick Thohir bisa menjadi penerus Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) pada pemerintahan selanjutnya. Dirinya membaca hal ini dari berbagai simbol yang terus diberikan oleh Jokowi kepada masyarakat di ruang-ruang publik.

Terbaru, simbol ini terbaca melalui pengangkatan Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo. “Yang menarik adalah bagaimana Pak Jokowi meletakkan sosok Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua panitia dalam acaranya. Simbol tersebut adalah menunjukkan ini adalah salah satu pembantu gue yang akan meneruskan pikiran dan kerja-kerja politik gue selama ini, meneruskan jejak kekuasan pemerintahan Jokowi di masa depan,” kata Arie dikutip pada Selasa (20/12/2022).

Di samping itu, hubungan yang dimiliki oleh Jokowi bersama Erick Thohir dinilai sudah tidak lagi sekadar berada di dalam lingkungan profesional. Namun pengangkatan sebagai ketua pernikahan itu dinilai menegaskan bahwa Erick Thohir dekat secara personal di lingkaran keluarga Presiden Jokowi. “Jika kita analisa, Erick Thohir adalah bagian dari keluarga dari Pak Jokowi,” ungkapnya.





Melalui berbagai simbol dan sinyal di ruang publik tersebut, dia percaya Erick Thohir adalah sosok yang diproyeksikan oleh Jokowi untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024. Menurutnya, posisi orang nomor dua di Indonesia cocok disandang oleh Erick Thohir lantaran memiliki jaringan elite yang sangat kuat.

Baik di kalangan pengusaha maupun pemerintahan, Erick Thohir dianggap merupakan sosok yang sangat dihormati. Ia juga bisa menjamin kemenangan di dalam kontestasi dengan menggunakan bekal yang dimiliki termasuk jaringan elite nasional yang dimiliki.

“Saya setuju dengan Opung Panda yang mengatakan jika Erick Thohir adalah orang yang diproyeksikan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi cawapres. Cawapres adalah orang orang yang memiliki gerbong-gerbong elite atau gerbong-gerbong tertentu yang memberikan benefit terhadap pemenangan dalam pilpres atau kontestasi pemilu. Erick Thohir memiliki jejaring elit yang sangat kuat, sosok yang dihormati di kalangan pengusaha dan pemerintahan,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)