Prabowo Hadiri Kelulusan 2 Taruna Pertama Indonesia di RMAS, Seberapa Unggul Akademi Militer Itu?

Selasa, 20 Desember 2022 - 14:58 WIB
loading...
Prabowo Hadiri Kelulusan 2 Taruna Pertama Indonesia di RMAS, Seberapa Unggul Akademi Militer Itu?
Menhan Prabowo Subianto menghadiri kelulusan dua Taruna Indonesia pertama yang lulus dari Akademi Militer Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris, Minggu, 18 Desember 2022. FOTO/INSTAGRAM PRABOWO SUBIANTO
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto menghadiri kelulusan dua Taruna Indonesia pertama yang lulus dari Akademi Militer Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris, Minggu, 18 Desember 2022. Prestasi yang membanggakan nama Indonesia ini diraih oleh dua Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang, Letda Infanteri Rafi Pratama Insan dan Letda Infanteri Muhammad Fadlan Mairubi.

Prabowo pun sempat bertanya apa saja yang mereka dapat setelah setahun dikirim untuk menjalani pendidikan di Sandhurst. Keduanya menjawab, selama pendidikan di Sandhurst, materi yang dipelajari berfokus bagaimana beroperasi di perang urban daripada di daerah rural, dan juga gabungan-gabungan antara kecabangan, seperti dilansir kemhan.go.id. Adapun satu SKS khusus yang berfokus mempelajari Perang Dunia II.

Prabowo menjelaskan, Rafi dan Fadlan menjalani pendidikan di RMAS Inggris ketika berpangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) atau tingkat 4 di Akademi Militer Magelang.

Baca juga: 2 Taruna Akmil Jadi Orang Indonesia Pertama Lulus Pendidikan Sandhurst Inggris

Sejak awal bertugas sebagai menteri, Prabowo telah menyatakan keinginan mengirim taruna Indonesia untuk pendidikan di Akmil bergengsi dunia. Ia menganggap upaya ini menjadi salah satu prioritas dalam melakukan diplomasi pertahanan.

Selain itu, Indonesia juga telah mengirim taruna pendidikan kedinasan Akmil untuk menjalani pendidikan dan pelatihan di tiga akmil bergengsi di Amerika Serikat (AS). Ketiganya yaitu Akmil AS atau The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Seberapa unggul RMAS?
Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) terletak di Camberley, perbatasan antara kabupaten Berkshire dan Surrey. Gerbang utama akademi ini terletak di Jalan London, Camberley, sedangkan gerbang kota perguruan tinggi untuk akses reguler terletak di Yorktown Road, Sandhurst.

Melansir army.mod.uk, RMAS dibentuk pada 1947 di lokasi gabungan bekas Royal Military College dan Akademi Militer Kerajaan di Woolwich. Menyusul berakhirnya Layanan Nasional di Inggris Raya dan penutupan Sekolah Kadet Perwira Mons di Aldershot pada 1972, RMAS menjadi satu-satunya lembaga pelatihan perwira awal pria di Angkatan Darat Inggris. Lalu pada 1992, Commissioning Course yang baru akhirnya menyatukan pelatihan kadet laki-laki, perempuan, dan luar negeri.

Pada 2012, Sandhurst menerima sumbangan sebesar £15 juta (Rp285 miliar) dari pemerintah Uni Emirat Arab untuk Zayed Building. Satu tahun kemudian, Sandhurst menerima sumbangan lagi dari Pemerintah Bahrain untuk perbaikan Mons Hall untuk menghormati orang-orang yang tewas dalam Pertempuran Mons. Lalu, Mons Hall berganti nama menjadi King Hamad Hall untuk menghormati Raja Bahrain yang menimbulkan beberapa kontroversi di Britania Raya.

Pada 2015, Sandhurst menunjuk Lucy Giles sebagai komandan perguruan tinggi perempuan pertama dalam sejarahnya. Empat tahun kemudian, Sandhurst mendapat perhatian luas dari media di Inggris setelah kadet Olivia Perks bunuh diri setelah diduga berselingkuh dengan atasan di Sandhurst dan di tengah kekhawatiran ia pun diberhentikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)