Masuk Parpol Papan Tengah di Survei SMRC, Waketum Perindo Optimistis Double Digit

Minggu, 18 Desember 2022 - 20:00 WIB
loading...
Masuk Parpol Papan Tengah di Survei SMRC, Waketum Perindo Optimistis Double Digit
Waketum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah optimistis bisa memperoleh double digit dalam Pileg 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Ferry Kurnia Rizkiyansyah optimistis bisa memperoleh double digit dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Hal tersebut disampaikan Ferry menanggapi hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Desember 2022 yang menyebut Partai Perindo berhasil menyalip tiga partai politik parlemen papan tengah yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Partai Perindo bahkan nyaris menyusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Hasil survei SMRC bulan Desember 2022 ini menjadi kabar menggembirakan dan menambah semangat dan motivasi bagi kami Partai Perindo. Tingkat elektabilitas Partai Perindo terus mengalami peningkatan signifikan," ujar Ferry, Minggu (18/12/2022).


Ferry mengaku optimistis dapat lolos melenggang di legislatif tingkat nasional di Senayan dengan melampaui Parliamentary Threshold (PT) dan bahkan bisa mencapai dua digit. "Hasil survei ini membuat kami semakin optimistis mampu lolos ambang batas parlemen di Pemilihan Umum 2024 mendatang, bahkan sesuai target kami yaitu di double digit atau lebih dari 10%," kata Ferry.



Namun Ferry mengungkapkan hasil survei SMRC tersebut tidak boleh membuat jajaran Partai Perindo terlena. Para pengurus dan kader kata Ferry, harus terus melakukan kerja-kerja politik dengan turun membantu, menyapa, dan berinteraksi dengan masyarakat.

"Turun ke masyarakat harus semakin giat, dilakukan oleh segenap komponen partai dari pusat sampai daerah, dengan garis politik partai untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan persatuan bangsa," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, hasil survei elektabilitas partai politik yang dipublikasikan SMRC pada 18 Desember 2022 menempatkan PDIP di posisi pertama mendapat dukungan terbesar dari responden sebesar 24,1%.

Sementara di urutan dua hingga empat saling susul-menyusul antara tiga partai yakni Golkar 9,4%; Gerindra 8,9%; Demokrat 8,9%. Kemudian di partai urutan lima ada PKS 6,2%; diurutan keenam ada PKB 6,1%; di posisi ketujuh ada Partai Perindo 4,6%.

Lalu di posisi kedelapan ada partai Nasdem 3,2%; kesembilan ada PPP 2,9%; posisi sepuluh ada PAN 1,7%. Sementara partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1%, dan yang belum tahu ada 20,9%.

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 3 - 11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1029 atau 84%.

Sebanyak 1.029 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)