Diprediksi Lolos ke Senayan, Perindo Disebut Partai Nonparlemen Paling Menonjol

Minggu, 18 Desember 2022 - 15:00 WIB
loading...
Diprediksi Lolos ke Senayan, Perindo Disebut Partai Nonparlemen Paling Menonjol
Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, Perindo merupakan partai nonparlemen paling menonjol. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) diprediksi bakal lolos ke parlemen pada Pemilu 2024. Prediksi itu didasari atas elektabilitas partai bestuan Hary Tanoesoedibjo yang mampu mengungguli tiga partai parlemen seperti Nasdem, PPP, hingga PAN.

Keunggulan elektabiltas Partai Perindo terlihat dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada awal bulan ini. Dari hasil survei itu, tingkat keterpilihan Partai Perindo sebesar 4,6%. Angka itu jauh di atas Partai Nasdem yang hanya meraih 3,2%; PPP 2,9%; dan PAN 1,7%.

"Ini saya kira menarik ya, di antaranya kalau kita amati Perindo lumayan menonjol sebagai partai nonparlemen mendapat dukungan 4,6%," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat paparkan hasil survei yang disiarkan melalui akun YouTube SMRCTV, Minggu (18/12/2022).



Terlepas dari itu, survei SMRC mencatat elektabilitas PDI Perjuangan masih meraih yang tertinggi. Deni menyebut, elektabilitas partai berlambang logo banteng moncong putih itu sebesar 24,1%. Sementara itu, Partai Golkar membayangi di urutan kedua dengan perolehan elektabilitas 9,4%.



Sedangkan, di posisi ketiga terdapat Partai Gerindra dengan raihan 8,9%; diikuti Demokrat sebesar 8,9%, PKS 6,2%, dan PKB 6,1%. "Sementara partai-partai lain di bawah 1%, dan yang belum tahu 20,9%," tutur Deni.

Sebagai informasi, survei SMRC dilakukan pada 3-11 Desember 2022. Survei itu melibatkan 1.220 responden yang merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Sementara, margin of error survei itu diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)