Lampaui Nasdem, PAN, dan PPP, Elektabilitas Partai Perindo Dekati PKS dan PKB

Minggu, 18 Desember 2022 - 14:56 WIB
loading...
Lampaui Nasdem, PAN, dan PPP, Elektabilitas Partai Perindo Dekati PKS dan PKB
Survei SMRC mengungkapkan Partai Perindo merupakan partai nonparlemen yang mampu melampaui Nasdem, PAN, dan PPP. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani mengungkapkan ada sejumlah dinamika dalam elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024.

Hal tersebut dia sampaikan dalam temuan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk 'Trend Elektabilitas Partai', Minggu, (18/12/2022).

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang merupakan partai peserta Pemilu 2019, kian memantapkan jalannya di papan tengah dengan melampaui sejumlah parpol seperti Nasdem, PAN, dan PPP. Sedangkan posisi empat dan lima besar yang dihuni PKS dan PKB juga terus didekati Partai Perindo.



Berikut hasil survei elektabilitas Partai Perindo Desember 2022. Di posisi pertama ada PDIP mendapat dukungan terbesar dari responden sebesar 24,1%.



Sementara di urutan dua hingga empat saling susul-menyusul antara tiga partai yakni Golkar 9,4%; Gerindra 8,9%; Demokrat 8,9%. Kemudian di partai urutan lima ada PKS 6,2%; diurutan keenam ada PKB 6,1%; di posisi ketujuh ada Partai Perindo 4,6%.

Lalu di posisi kedelapan ada partai Nasdem 3,2%; kesembilan ada PPP 2,9%; posisi sepuluh ada PAN 1,7%. Sementara partai-partai lain mendapat dukungan di bawah 1%, dan yang belum tahu ada 20,9%.

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 3 - 11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1029 atau 84%.

Sebanyak 1.029 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)
pixels