5 Komandan Kopassus dengan Masa Jabatan Terlama di Era Presiden Joko Widodo

Rabu, 14 Desember 2022 - 16:13 WIB
loading...
5 Komandan Kopassus dengan Masa Jabatan Terlama di Era Presiden Joko Widodo
Terdapat sejumlah Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus yang memiliki masa jabatan terlama di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus yang memiliki masa jabatan terlama di era pemerintahan Presiden Joko Widodo . Salah satunya bahkan lebih dari satu setengah tahun.

Korps Baret Merah memiliki sejarah panjang dalam pendiriannya. Selama ini, pasukan elit milik TNI tersebut telah banyak dipimpin Danjen yang berbeda-beda. Ada sebagian yang mengabdi cukup lama, ada juga sebagian lain yang hanya sebentar saja.

Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, beberapa kali juga posisi Danjen Kopassus ini silih berganti. Tercatat, ada beberapa di antaranya yang memiliki masa jabatan terlama.

Baca juga : Brigjen TNI Iwan Setiawan Diangkat Jadi Danjen Kopassus

Berikut lima Komandan Kopassus dengan masa jabatan terlama di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

1. Madsuni

Letnan Jenderal TNI (Purn) Madsuni merupakan seorang purnawirawan pati TNI AD yang pernah menjabat Danjen Kopassus, tepatnya pada periode 16 September 2016 hingga 3 Maret 2018 atau kurang lebih 1 tahun 5 bulan.

Mengutip keterangan dari laman resmi Kopassus, Rabu (14/12/2022), kala itu prosesi sertijab dipimpin langsung KSAD Jenderal TNI Mulyono di Aula Jenderal Besar AH. Nasution Lantai 3 Mabesad Jakarta. Sebagai Danjen Kopassus ke-29, alumni Akmil 1988 ini menggantikan Mayjen TNI M. Herindra.

2. I Nyoman Cantiasa

Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa lahir di Buleleng, 26 Juni 1967. Putra dari pasangan I Nengah Tinggen dan Ni Ketut Mari ini diketahui sebagai lulusan terbaik Akmil 1990.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)