7 Jenderal Polisi yang Memiliki Brevet Penyidik Utama, 2 di Antaranya Mantan Kapolri

Selasa, 13 Desember 2022 - 15:50 WIB
loading...
7 Jenderal Polisi yang Memiliki Brevet Penyidik Utama, 2 di Antaranya Mantan Kapolri
Terdapat sejumlah Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama. Brevet bisa diartikan sebagai penghargaan atas pengabdian, prestasi, serta tanggung jawab anggota polisi kepada korps atau angkatannya.

Beberapa jenis brevet kehormatan di kepolisian di antaranya adalah Brevet untuk Kemampuan Ketangkasan Lapangan Brigade Mobile (KLBM), Brevet untuk Kemampuan Penanggulangan, Brevet untuk Kemampuan Search and Rescue (SAR), serta Brevet untuk Kemampuan Terjun Payung.

Baca juga : Kepolisian Diminta Tiru Keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng

Berikut deretan Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama.

1. Idham Azis

Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis merupakan purnawirawan Polri yang sebelumnya pernah menjabat Kapolri. Mengutip keterangan dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, alumni Akpol 1988 ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019.

Kala itu, Idham Azis menggantikan Tito Karnavian yang beralih tugas sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sebelumnya, dia tengah menjabat Kabareskrim dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Sepanjang kariernya, Idham Aziz telah banyak mengoleksi penghargaan berupa tanda jasa maupun Brevet. Di antaranya adalah Brevet Penyidik Utama, Brevet Pelopor, Brevet Para Terjun, Brevet Bhayangkara Bahari, dan lain sebagainya.

2. Da’i Bachtiar

Jenderal Polisi (Purn) Da’i Bachtiar merupakan Kapolri ke-17 yang menjabat pada periode 2001 hingga 2005. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 25 Januari 1950 ini menamatkan pendidikan di AKABRI (1972) dan PTIK (1980).

Dalam kariernya, sejumlah jabatan penting pernah diduduki oleh Da’i Bachtiar. Sebut saja seperti Kadispen Polri (1998), Kapolda Jatim (2000), Gubernur Akpol (2000-2001), Kalakhar BKNN (2001), hingga Kapolri.

Tak hanya kariernya, Da’i Bachtiatr juga memiliki sejumlah brevet yang tersemat di seragamnya. Di antaranya adalah Brevet Penyidik Utama, Brevet Selam, Brevet Pelopor Brimob, hingga Brevet Para Penerjun.

3. Agung Sabar Santoso

Berikutnya ada Irjen Pol. (Purn) Agung Sabar Santoso. Pria kelahiran 12 Juni 1962 ini merupakan jebolan Akpol 1984 yang berpengalaman di bidang reserse.

Sepanjang kariernya di kepolisian, Agung Sabar Santoso pernah menempati berbagai jabatan strategis seperti Kapolda Sulawesi Tenggara (2015), Kapolda NTT (2016), Asrena Kapolri (2019), Kapolda Banten (2019), hingga Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri (2020).

Dari sekian banyak penghargaan yang disematnya, Agung Sabar Santoso memiliki Brevet Penyidik Utama, Brevet Kavaleri Marinir, hingga Brevet Artileri Marinir.

4. Petrus Reinhard Golose

Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose kini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Dikutip dari laman Tribratanews Polri, pria kelahiran Manado, 27 November 1962 ini diketahui sebagai lulusan Akpol 1988.

Dia merupakan teman seangkatan Idham Azis dan Gatot Eddy Purnomo. Pada perjalanan kariernya, Reinhard Golose pernah menempati jabatan Kapolda Bali sebelum akhirnya didaulat sebagai Kepala BNN.

Selain itu, dia juga memiliki sejumlah brevet seperti Brevet Penyidik Utama, Brevet Selam Polri, Brevet Para Penerjun Polri, Brevet Artileri Marinir, dan lain sebagainya.

Baca juga : 2 Jenderal Polisi Penerima Brevet Wing Penerbang TNI AU

5. Suhardi Alius

Komjen Pol. (Purn) Suhardi Alius merupakan purnawirawan Polri yang pernah menempati jabatan Kepala BNPT RI. Posisi tersebut disematnya pada periode 20 Juli 2016 hingga 6 Mei 2020.

Selain itu, Suhardi Alius juga pernah menduduki posisi Wakapolda Metro Jaya (2011), Kadivhumas Polri (2012), Kapolda Jawa Barat (2013), Kabareskrim Polri (2013), dan masih banyak lainnya.

Tak hanya jabatan, sejumlah penghargaan berupa tanda jasa dan brevet juga turut dimilikinya. Di antaranya adalah Brevet Penyidik Utama dan Brevet Scuba Driver.

6. Dharma Pongrekun

Saat ini, Komjen Pol. Dharma Pongrekun menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri. Pria kelahiran Palu ini adalah lulusan Akpol 1988.

Beberapa posisi yang ditempatinya adalah Wadirtipidium Bareskrim Polri (2015), Karorenmin Bareskrim Polri (2016), Wakil Kepala BSSN (2019), hingga Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri.

Dalam kariernya, sejumlah penghargaan juga turut diraihnya termasuk beberapa brevet. Di antaranya adalah Brevet Penyidik Utama, Brevet Pelopor Brimob, Brevet SAR Polri, dan lainnya.

7. Syafruddin

Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Syafruddin Kambo merupakan purnawirawan Polri yang sempat menjabat Wakapolri periode 2016-2018. Sebelumnya, pria kelahiran 12 April 1961 ini juga menduduki banyak posisi strategis seperti Wakapolda Sumut (2009), Kapolda Kalsel (2010), Kadiv Propam Polri (2012), hingga Kalemdikpol (2015).

Selain itu, Syafruddin juga pernah menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI periode 15 Agustus 2018-20 Oktober 2019.

Sepanjang kariernya, tercatat berbagai penghargaan seperti tanda jasa dan brevet pernah disematnya. Sebut saja seperti Brevet Penyidik Utama, Brevet Selam Polri, Brevet Penerjun, dan lainnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)