7 Jenderal Polisi yang Memiliki Brevet Penyidik Utama, 2 di Antaranya Mantan Kapolri

Selasa, 13 Desember 2022 - 15:50 WIB
loading...
7 Jenderal Polisi yang Memiliki Brevet Penyidik Utama, 2 di Antaranya Mantan Kapolri
Terdapat sejumlah Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama. Brevet bisa diartikan sebagai penghargaan atas pengabdian, prestasi, serta tanggung jawab anggota polisi kepada korps atau angkatannya.

Beberapa jenis brevet kehormatan di kepolisian di antaranya adalah Brevet untuk Kemampuan Ketangkasan Lapangan Brigade Mobile (KLBM), Brevet untuk Kemampuan Penanggulangan, Brevet untuk Kemampuan Search and Rescue (SAR), serta Brevet untuk Kemampuan Terjun Payung.

Baca juga : Kepolisian Diminta Tiru Keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng

Berikut deretan Jenderal Polisi yang memiliki Brevet Penyidik Utama.

1. Idham Azis

Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis merupakan purnawirawan Polri yang sebelumnya pernah menjabat Kapolri. Mengutip keterangan dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, alumni Akpol 1988 ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 1 November 2019.

Kala itu, Idham Azis menggantikan Tito Karnavian yang beralih tugas sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sebelumnya, dia tengah menjabat Kabareskrim dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Sepanjang kariernya, Idham Aziz telah banyak mengoleksi penghargaan berupa tanda jasa maupun Brevet. Di antaranya adalah Brevet Penyidik Utama, Brevet Pelopor, Brevet Para Terjun, Brevet Bhayangkara Bahari, dan lain sebagainya.

2. Da’i Bachtiar

Jenderal Polisi (Purn) Da’i Bachtiar merupakan Kapolri ke-17 yang menjabat pada periode 2001 hingga 2005. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 25 Januari 1950 ini menamatkan pendidikan di AKABRI (1972) dan PTIK (1980).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)