Bangun Ketahanan Pangan, PT PSI Gandeng TNI AD dan NU Sejahterakan Petani

Selasa, 13 Desember 2022 - 01:31 WIB
loading...
Bangun Ketahanan Pangan, PT PSI Gandeng TNI AD dan NU Sejahterakan Petani
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrachman bersama PT PSI melakukan panen raya padi kualitas unggul di Desa Kalangsurya. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama PT Padi Sehat Indonesia (PSI) melakukan panen raya padi kualitas unggul di Desa Kalangsurya, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Senin (12/12/2022). Upaya ini untuk mendongkrak sektor pertanian daerah, khususnya untuk kesejahteraan petani.

"Suatu kehormatan bagi PT PSI bekerja sama dengan Pak Dudung. PT PSI kan cita-citanya sama dengan TNI untuk membantu rakyat, membantu mendongkrak kesejahteraan para petani. Keterlibatan TNI ini membawa dampak besar pada sektor pertanian. Tidak hanya masalah peningkatan produksi beras, tetapi motivasi kuat yang kini diteladani petani," kata Direktur Utama PT PSI Abdullah Aria Junaidi kepada wartawan.

Abdullah mengatakan, PT PSI memiliki dua misi utama dalam membangun jejaring dengan petani padi di Indonesia. Pertama, berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani dengan memberikan pendapatan berkali-lipat. Kedua, melibatkan santri pesantren, anak SMU dan SMK untuk ikut bekerja bersama para petani.

"Di mana akan kami berikan upah kepada mereka," kata Abdullah.

Dia mengatakan, para petani itu akan mendapatkan upah dan hasil panen. "Selain memberi upah kepada petani, kita juga akan membagikan hasil panen ke depannya yang melimpah," imbuhnya.



Ia menjamin petani tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam menggarap lahan padi PT PSI. Perusahaannya juga menerapkan sistem gaji harian dengan tetap mengikuti standar upah yang ditentukan pemerintah.

"Jadi petani tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun, karena sudah ditanggung perusahaan. Kalau petani ikut kita kerja juga mendapat upah harian, sebesar upah pemerintah (UMR)," kata Abdulah.

Selain bekerja sama dengan TNI AD, Abdullah mengatakan, pihaknya juga menggandeng tokoh-tokoh NU. Tujuannya, kata dia, agar santri-santri pesantren bisa diikutkan bekerja secara mandiri bersama para petani.

"Kita bergandengan tangan dengan Kiai Eman dan Kiai Muzakki Cholis. Saya sendiri orang NU," ujar Abdullah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)