Masyarakat Puas Kerja Erick Thohir, Pengamat: Efektif Tingkatkan Pendapatan UMKM

Minggu, 11 Desember 2022 - 22:12 WIB
loading...
Masyarakat Puas Kerja Erick Thohir, Pengamat: Efektif Tingkatkan Pendapatan UMKM
Masyarakat puas dengan Kinerja Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia merasa puas atas kinerja yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir di pemerintahan. Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia, orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut memiliki tingkat kepuasan sebesar 59,4%.

Dengan angka tersebut, Erick Thohir berada di posisi ke dua dalam survei kepuasan masyarakat terhadap menteri-menteri kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan hal tersebut diraih oleh Erick Thohir lantaran bekerja nyata meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. "BUMN era Erick Thohir bisa dibilang cukup efektif dengan peningkatan pendapatan," tutur Huda, Minggu (11/12/2022).



Erick Thohir memang dikenal moncer dalam menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara. Di lingkup masyarakat, eks Presiden Inter Milan ini gencar mengembangkan dan memajukan sektor UMKM. Erick Thohir bahkan merealisasikan berbagai program dan kebijakan untuk mendukung tumbuhnya UMKM di Indonesia. Program ini adalah KUR, Mekaar, Sembrani Fund, Santripreneur dan Rumah BUMN.



Berbagai program tersebut memberikan bantuan pendanaan dan pendampingan untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan demikian UMKM dapat berkembang dan menjadi lebih maju sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam hal kebijakan, Erick Thohir juga memastikan pengadaan perusahaan-perusahaan BUMN di bawah Rp400 juta bisa melalui UMKM masyarakat. Tak hanya itu, UMKM Indonesia juga difasilitasi tempat untuk menjual berbagai produk yang dihasilkan.

Seperti halnya PaDi UMKM yang merupakan sebuah marketplace digital milik BUMN. Sedangkan secara offline pelaku UMKM difasilitasi dengan Sarinah, M Bloc dan Pos Bloc. Ketiga tempat tersebut merupakan fasilitas milik BUMN untuk UMKM pilihan menjual hasil produksinya kepada masyarakat. "Ini hasil kerja bersama pemerintah dengan andil BUMN dalam pengembangan UMKM yang relatif tinggi," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)