Deretan Brevet yang Dimiliki Jenderal TNI Mulyono, 3 di Antaranya dari Korps Baret Merah

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:22 WIB
loading...
Deretan Brevet yang Dimiliki Jenderal TNI Mulyono, 3 di Antaranya dari Korps Baret Merah
Jenderal TNI (Purn) Mulyono menjadi salah satu sosok yang telah lama berkecimpung di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Mulyono menjadi salah satu sosok yang telah lama berkecimpung di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam riwayatnya, pria kelahiran Boyolali, 12 Januari 1961 ini diketahui sebagai lulusan Akabri tahun 1983. Pasca lulus, dia mengawali kariernya Danton Yonif 712/Wiratama.

Seiring waktu, karier Mulyono perlahan terus mengalami kenaikan dan semakin moncer saja. Tercatat, sejumlah posisi strategis di kemiliteran pernah didudukinya. Sebut saja seperti Dirlat Kodiklat TNI AD (2011), Asops Kasad (2013), Pangdam Jaya (2014), Pangkostrad (2014), hingga Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) periode 15 Juli 2015 hingga 22 November 2018.

Baca juga : Deretan Jenderal TNI yang Menjadi Pahlawan Nasional

Tak hanya jabatan, sepanjang kariernya, Mulyono juga telah banyak meraih penghargaan berupa tanda jasa maupun brevet.

Berikut deretan Brevet yang dimiliki Jenderal TNI (Purn) Mulyono.

1. Brevet Komando Kopassus

Brevet Komando menjadi salah tanda kehormatan Korps Baret Merah yang diterima Jenderal TNI (Purn) Mulyono. Dikutip dari laman Antara, Kamis (8/12/2022), Mulyono yang kala itu menjabat KSAD didaulat sebagai warga kehormatan Kopassus.

Adapun pengukuhannya sendiri berlangsung pada 25 September 2015 dan ditandai dengan penyematan 3 brevet dari Kopassus, yakni Brevet Komando, Brevet Para Utama, dan Brevet Gultor Kehormatan.

2. Brevet Para Utama

Sama halnya dengan brevet Komando, Brevet Para Utama ini juga didapatkan dari Korps Baret Merah. Saat itu, penyematan dilakukan langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI M Herindra di lapangan apel Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, (25/9/2015).

Baca juga : Diam-diam, Jenderal TNI Dudung Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

3. Brevet Penanggulangan Teror (Gultor)

Satu lagi Brevet yang didapat Jenderal Mulyono dari Kopassus adalah Brevet Penanggulangan Teror (Gultor). Penyematan brevet ini dilakukan bersamaan dengan dua tanda kehormatan lain yang diberikan Korps Baret Merah (Brevet Komando & Para Utama), yakni pada 25 September 2015 di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

4. Wing Penerbang TNI AU

Jenderal TNI (Purn) Mulyono mendapatkan Wing Penerbang TNI AU saat dirinya masih menjabat KSAD. Kala itu, penyematan dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Tak seorang diri, penyematan ini juga dilakukan untuk KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

5. Brevet Hiu Kencana

Berikutnya ada Hiu Kencana. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, Jenderal TNI (Purn) Mulyono mendapatkan brevet ini pada tahun 2018. Adapun penyematannya sendiri kala itu dipimpin langsung oleh KSAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Selain kelima brevet tersebut, Jenderal TNI (Purn) Mulyono masih memiliki beberapa lagi. Berikut di antaranya:

-Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur).
-Master Parachutist Badge (US Army).
-Master Parachutist Badge (Singapore Army).
-Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army).
-Parachutist Badge (Royal Australian Army).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)