Survei: Harga STB Mahal Paling Banyak Dikeluhkan Publik

Kamis, 08 Desember 2022 - 14:36 WIB
loading...
Survei: Harga STB Mahal Paling Banyak Dikeluhkan Publik
Publik mengeluhkan mahalnya harga set top box (STB) sebagai perangkat untuk mendapatkan akses siaran televisi berbasis digital. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Publik mengeluhkan mahalnya harga set top box ( STB ) sebagai perangkat untuk mendapatkan akses siaran televisi berbasis digital. Hal ini merupakan temuan dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia pada November 2022 ini.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda memaparkan, peralihan siaran televisi analog ke digital menjadi salah satu isu aktual yang belakangan mengemuka di tengah masyarakat. Untuk itu, lembaganya ingin memotret keluhan apa saja yang dirasakan publik atas kebijakan tersebut.

"Publik mengatakan, peralatan tv digital atau set top box mahal merupakan kendala utama dalam peralihan siaran tv analog ke tv digital," kata Hanta Yuda dalam paparan hasil surveinya secara daring, Kamis (8/12/2022).



Dalam data yang dipaparkan, keluhan publik atas mahalnya harga STB menduduki urutan teratas dengan angka sebesar 31,4%. Selanjutnya, keluhan atas kualitas signal digital tidak merata sebesar 16,4%. Sementara, di peringkat ketiga diisi oleh publik dengan keluhan akses channel terbatas dengan angka sebesar 10,1%.

"Publik mengatakan, tidak tahu atau tidak jawab sebesar 42,1%," ujarnya.

Untuk diketahui, survei Poltracking Indonesia ini dilakukan pada 21-27 November 2022 dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden. Adapun, jumlah sampel yang diambil dalam survei ini sebanyak 1.220 respoden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Sementara, margin of error yang ditetapkan dalam survei ini ±2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Beda STB TV Dengan Android TV Box Yang Harus Kamu Tau
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)