Murka Putrinya Digoda, Jenderal Bintang 3 Hajar Brigjen TNI Kepercayaan Istana

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:02 WIB
loading...
A A A
Sikap diam Pak Harto jelas membuat dada Jasin berkobar. Apalagi ketika jenderal yang menjabat wakil KSAD itu ingin bertemu lagi, Soeharto menolaknya. Amarah Jasin tak dapat ditahan lagi. Suatu hari dia mengundang Bustanil ke rumahnya di Kebayoran Baru, Jakarta.

"Jasin menampar muka dan memukulnya. Bustanil sebagai seorang jenderal bintang satu tidak mencoba mempertahankan diri," kata Jenkins.

Terdapat dua versi terkait pemukulan itu. Seorang jenderal senior di lingkaran Soeharto menyebut Jasin bukan orang yang menghajar Bustanil. Sosok yang memberi pelajaran atas kelakuan tak senonoh Bustanil yakni seorang perwira muda yang diperintah Jasin.

Tapi versi itu dibantah keras Jasin. Tentara jebolan PETA yang memulai karier militer sebagai perwira Staf Daidan I Madiun itu bersikeras dirinya yang membuat babak-belur Bustanil.

Cerita lain muncul dari seorang perwira senior TNI. Dia menyebut Jasin kemungkinan menampar satu atau dua kali Bustanil, namun selanjutnya diteruskan perwira muda.

Musuh Soeharto

Jasin telah membuktikan dirinya sebagai jenderal pensiunan paling tajam. Serdadu yang pernah diberi tugas sebagai Atase Pertahanan RI di Moskow itu tampil sebagai sosok dengan garis puritan keras, dijalin dengan sifat doktriner dan kaku.

Sejarah mencatat, dia adalah salah satu sosok dalam barisan Petisi 50, kelompok yang dicap sebagai musuh Soeharto. Di antara mereka para penandatangan petisi itu, Jasin tak pelak adalah tokoh paling vokal.

Jenkins menggambarkan, Jasin berada dalam perseteruan dengan Soeharto, dengan keyakinannya bahwa telah terjadi kesalahan fundamental dalam kepemimpinan nasional. Begitu kerasnya dia bahkan dianggap oleh para jenderal di lingkaran Soeharto telah 'keluar rel'.

"Saya tidak percaya lagi kepada Presiden Soeharto karena pimpinan nasional di setiap tingkat adalah munafik dan saya telah membuktikan kemunafikan ini baik di bidang ekonomi maupun politik," kata Jasin dikutip Jenkins.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)