Gempa Cianjur, HI Salurkan Bantuan untuk 17.865 Warga Terdampak Bencana

Rabu, 07 Desember 2022 - 12:14 WIB
loading...
Gempa Cianjur, HI Salurkan Bantuan untuk 17.865 Warga Terdampak Bencana
Human Initiative (HI), telah menyalurkan bantuan untuk 17.865 warga yang terdampak gempa Cianjur. Hal ini dikatakan oleh Public Relation and Communication HI, Ade Lukmanul Hakim. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gempa bumi magnitudo (M) 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengakibatkan 334 korban jiwa meninggal dan 8 orang dinyatakan hilang per Senin 5 Desember 2022. Bencana gempa Cianjur ini juga mengundang berbagai elemen untuk memberikan bantuan.

Seperti yang dilakukan Human Initiative (HI), telah menyalurkan bantuan untuk 17.865 warga yang terdampak gempa Cianjur. Hal ini dikatakan oleh Public Relation and Communication HI, Ade Lukmanul Hakim.

"Alhamdulillah sampai saat ini Human Initiative telah menyalurkan bantuan kepada 17.865 warga terdampak di 12 lokasi, yaitu Desa Limbangan Sari, Sukamulya, Benjot, Cijedil, Sukajaya, Ciwalen, Pamoyanan, Talaga, Ciherang, Nyalindung, Cibulakan dan Sukawangi," kata Ade dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Dampak Gempa Cianjur, 22.198 Rumah Rusak

Dijelaskan Ade, sejak kejadian gempa Cianjur Tim Emergency Response HI telah menurunkan 19 personel yang terdiri dari empat orang tim SAR, enam orang tim kajian, lima orang tim program dan distribusi, dua orang tim koordinasi, serta dua orang tim komunikasi dan dokumentasi. Human Initiative juga menerjunkan satu mobil rescue dan satu motor trail untuk memudahkan mobilisasi.

"Selama masa tanggap darurat, Human Initiative terus berkoordinasi dengan BNPB, BASARNAS, dan pemerintah setempat. Proses evakuasi berlangsung, Human Initiative bersama tim di lapangan melakukan evakuasi warga terutama yang tertimbun reruntuhan bangunan. Selain itu, Human Initiative juga menyediakan pos pengisian baterai di tempat yang mengalami pemadaman listrik dan menyalurkan sejumlah makanan siap saji untuk warga sekitar," jelas Ade.

"Human Initiative juga menurunkan tim yang bertugas untuk melakukan kaji cepat di lokasi kejadian. Tim ini bertugas untuk melakukan pemetaan kebutuhan di lapangan sehingga diharapkan penyaluran bantuan menjadi lebih tepat sasaran," tambahnya.

Ade menambahkan, adapun bentuk bantuan yang tersalurkan berupa sembako, makanan siap saji, paket kebersihan diri, perlengkapan tidur, peralatan tenda darurat, peralatan kebersihan, dan hunian sementara, serta pendirian sanitasi.

Selama proses penyaluran Human Initiative juga mendirikan pos layanan Dapur Air dan dapur umum. "Sahabat inisiator, terima kasih telah peduli pada mereka yang terdampak Gempa Cianjur," tutupnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2660 seconds (11.210#12.26)