PDIP Instruksikan Kader Turun ke Bawah untuk Menangkan Pemilu 2024

Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:57 WIB
loading...
PDIP Instruksikan Kader Turun ke Bawah untuk Menangkan Pemilu 2024
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sambutan dalam rapat kerja daerah (rakerda) PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menginstruksikan kepada tiga pilar partai untuk rajin turun ke bawah demi meraih kepercayaan rakyat. Struktur, legislatif, dan eksekutif partai harus mulai mengorganisir rakyat untuk memenangkan Pemilu 2024 .

"Jalan menuju Pemilu 2024, Tiga Pilar Partai bergerak ke bawah sebagai satu-satunya jalan mendapatkan kekuasaan politik, yakni dengan meraih kepercayaan dari rakyat. Organisir rakyat dalam rangka Pemenangan Pemilu 2024," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat kerja daerah (rakerda) PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022).

Kader PDIP seluruh Indonesia, kata Hasto, juga diinstruksikan mengikuti seluruh tahap Pemilu 2024 dengan penuh disiplin. Semua harus bergerak dalam satu rampak barisan, dalam tradisi demokrasi yang dipimpin oleh ideologi melalui arahan, keputusan, dan instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.



Sesuai perintah Megawati, kata Hasto, tiga pilar partai diminta mengejar prestasi di wilayah politiknya masing-masing sesuai dengan ruang lingkup tugas dan tanggung jawab sebagai kader partai. "Perkuat komunikasi politik ke bawah, bangunlah jalan bagi masa depan, tiada hari tanpa konsolidasi," katanya.

Instruksi untuk lebih mendekatkan diri kepada rakyat penting mengingat kondisi yang memang mendesak pada saat ini. Dari perspektif global, dijelaskan Hasto, pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan menyeluruh tata kehidupan umat manusia. Dampak Covid-19 belum diatasi, muncul Perang Rusia-Ukraina.

Selain itu, sistem internasional menghadapi ketidakstabilan: global warming; krisis pangan; dan ketidakpastian akibat pertarungan geopolitik global, sehingga dunia saat ini menghadapi ancama resesi disertai krisis pangan dan energi. Di sisi lain, kontestasi Pemilu 2024 yang terlalu awal, menyebabkan energi bangsa terserap pada pertarungan politik.

Baca juga: Sindir Nusantara Bersatu, Politikus PDIP: Kalau Relawan Sejati, Bantu Gempa Cianjur

Karena itu, PDIP mengimbau agar para menteri benar-benar berfokus pada penanganan masalah ekonomi, sehingga Pemilu 2024 dilaksanakan dalam pencapaian kehidupan perekonomian yang membanggakan.

"Maka skala prioritas saat ini adalah konsolidasi menyeluruh, tiada hari tanpa kampanye. Kejar prestasi Tiga Pilar Partai di seluruh lini. Dukung sepenuhnya Pemerintahan Presiden Jokowi menciptakan legacy yang maksimal," tegas Hasto.

Sementara itu Sekretaris DPD PDIP Kalsel M Syaripuddin melaporkan rakerda dilakukan untuk mengokohkan dan memanaskan mesin partai demi menghadapi Pemilu 2024. Rapat kerja juga sekaligus upaya melakukan reafirmasi hasil rakernas PDIP.

"Agar semua prinsip ini menjadi dalam satu kesatuan pemahaman dan gerakan kader partai. Kita bergerak menuju kemenangan pada Pemilu 2024," kata Syarifuddin.

Hadir dalam rakerda PDIP Kaltim Anggota DPR Adian Napitupulu dan politisi muda Bane Raja Manalu. Keduanya ikut memberi materi di Rakerda tersebut. Kepala daerah dari PDIP di Kalsel juga hadir di antaranya Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono dan Bupati Tanah Laut Sukamta.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)