Rapat Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Pekan Depan

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:53 WIB
loading...
Rapat Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Pekan Depan
Laksamana TNI Yudo Margono berfoto di Rumah Dinas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Jalan Diponegoro Nomor 38-40, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - DPR akan menggelar rapat paripurna mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI terpilih pada Selasa, 6 Desember 2022. Komisi I DPR telah menyetujui pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang pensiun pada 21 Desember 2022.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, hasil uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI sudah diserahkan kepada pimpinan DPR. Fit and proper test itu digelar Komisi I DPR pada Jumat (2/12/2022).

"Hasil uji kelayakan dan kepatutan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI diserahkan langsung pada hari ini ke pimpinan DPR. Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan Paripurna," kata Dave Laksono usai melakukan verifikasi faktual di rumah dinas Yudo Margono, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Laksamana TNI Yudo Margono Sebut Ada 5 Kandidat Calon KSAL



Setelah sidang paripurna, kata Dave, pimpinan DPR akan langsung mengirim hasil pengesahan tersebut ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk langsung dijadwalkan pelantikan. "Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi," kata politikus Golkar itu.

Sedangkan mengenai verifikasi faktual di rumah dinas Yudo Margono, Dave mengatakan, Komisi I DPR ingin melihat bagaimana harmonisnya, dan dukungan keluarga terhadap kerjanya selama ini mengingat masa jabatan dia sebagai Panglima TNI kurang dari setahun.

"Kami lihat dan saksikan sendiri dan kami yakini bahwa beliau bisa dapat melanjutkan kepemimpinan TNI ke depan untuk terus membangun TNI lebih kuat dan solid serta menjaga netralitas TNI karena tahun ke depan bahwa akan jadi tahun politik di mana dia harus menyiapkan struktur TNI untuk mengamankan Pemilu," ungkapnya.

Tak hanya itu, Dave menyebut bahwa Yudo juga harus menjaga kondusifitas agar tidak terjadi konflik di tengah masyarakat. "Kita yakini transisi kekuasaan lebih halus dan beliau bertanggung jawab memastikan program-program pemerintah terkait poros maritim berlangsung dengan baik dan itu sudah dipaparkan dan kami yakin ini terbaik," pungkasnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2062 seconds (11.97#12.26)