Profil Laksdya TNI Herru Kusmanto, Eks Ajudan Wapres yang Berpeluang Jadi KSAL

Sabtu, 03 Desember 2022 - 05:05 WIB
loading...
Profil Laksdya TNI Herru Kusmanto, Eks Ajudan Wapres yang Berpeluang Jadi KSAL
Pangkoarmada RI Laksdya TNI Herru Kusmanto, Jebolan Kopaska dan eks ajudan Wapres yang berpeluang menjadi KSAL. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono resmi menjadi calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Hal itu berdasarkan Surat Presiden (Surpres) Panglima TNI yang dikirimkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, jabatan orang nomor satu di matra laut dalam waktu dekat akan kosong karena ditinggalkan Laksamana TNI Yudo Margono. Saat ini, ada sembilan Perwira Tinggi (Pati) TNI AL yang berpeluang menduduki jabatan KSAL. Salah satunya, Laksamana Madya (Laksdya) TNI Herru Kusmanto yang saat ini menjabat sebagai Pangkoarmada RI.

Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 31 Maret 1966 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 dari satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska). Salah satu pasukan elite yang dimiliki TNI AL. Jika terpilih menjadi KSAL Herru Kusmanto masih memiliki sisa usia pensiun 16 bulan lagi.

Baca juga: Yudo Margono Calon Panglima TNI, Siapa KSAL? Ini Bocorannya

Karier Laksdya TNI di militer cukup mentereng, berbagai jabatan strategis pernah diembannya. Di antaranya, Komandan Kapal Perang KRI-378 Sutedi Senoputra. Kemudian menjadi ajudan Wakil Presiden (Wapres) Boediono selama tiga tahun sejak 2009-2012 saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Kembali ke dinas militernya, Herru Kusmanto kemudian menjabat sebagai Kasguspurlatim, kemudian Danguskamlatim, dan Staf Khusus KSAL selama setahun sejak 2015—2016. Dari situ, dia kemudian dipromosikan menjadi Danlantamal X/Jayapura.

Kariernya terus menanjak, Herru Kusmanto kemudian menjabat Kaskoarmada I, Pangkolinlamil pada 2018-2019, kemudian Pangkoarmada II hingga Asrenum Panglima TNI sebelum akhirnya menjabat sebagai Pangkoarmada RI hingga saat ini.

Selama pengabdiannya di militer, Herru Kusmanto juga aktif mengikuti pendidikan militer di antaranya, Dikpa Pelaut, Dikpespa Dik Kopaska, Seskoal hingga Sesko TNI.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3681 seconds (11.97#12.26)