Jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono Tegaskan Bakal Menindak Tentara Nakal

Sabtu, 03 Desember 2022 - 00:24 WIB
loading...
Jadi Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono Tegaskan Bakal Menindak Tentara Nakal
Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bakal menindak tegas prajurit TNI yang nakal. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan posisi Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Penetapan tersebut setelah Yudo selesai menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI pada Jumat (2/12/2022).

Yudo menjelaskan saat bertatap muka dengan Komisi I, sempat ditanyakan sebagai Panglima TNI, apa yang akan dilakukan Yudo terkait soal reformasi birokrasi ditubuh TNI.

"Terkait dengan reformasi birokrasi, karena juga terhadap tentara yang nakal kemungkinan ada pelanggaran dan tentunya kita akan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Pak Andika," Kata Yudo di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Soal Konflik di Papua, Laksamana Yudo: Tegas tapi Tetap Humanis

Menurut Yudo, apa yang sudah dikerjakan oleh Jenderal Andika selama menjadi Panglima TNI dinilai sangat bagus bahkan tegas. Hal ini terlihat dari kasus oknum tentara yang nakal hingga berujung berhadapan dengan hukum.

Baca juga: Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

"Sudah bagus (kinerja Andika) dan kita transparansi di dalam penegakan hukum kita tetap menunjukkan penegakan hukum yang adil. Tentunya yang pidana ya kita masukkan ke ranah pidana yang disiplin ada ke ranah disiplin," Ucapnya.

Yudo menambahkan penegakan hukum yang dilakukan nanti tentunya sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentara dan kitab hukum undang-undang disiplin tentara. "Sehingga yang disiplin masukkan ke ranah disiplin hukum yang memutus. Tapi kalau pidana ya pasti akan dibawa ke ranah pengadilan militer," ucapnya. (Yohannes Tobing)
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2375 seconds (10.101#12.26)