Deklarasi Anies Capres 2024 Dinilai Untungkan PKS dan Demokrat

Kamis, 01 Desember 2022 - 18:45 WIB
loading...
Deklarasi Anies Capres 2024 Dinilai Untungkan PKS dan Demokrat
Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, dinilai turut menguntungkan basis pemilih Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Hal ini terungkap dalam survei IPI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres 2024, dinilai turut menguntungkan basis pemilih Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Hal ini terungkap dalam survei Indikator Politik Indonesia (IPI) bertajuk Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pascadeklarasi.

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, faktanya tidak hanya Nasdem yang melakukan deklarasi yang diuntungkan, Partai Demokrat dan PKS juga mengalami dampak positif dari deklarasi Anies .

"Mayoritas publik cenderung mendukung langkah Partai Nasdem ini, khususnya di kalanganyang mengetahui dan menyetujui deklarasi," kata Burhanuddin dalam rilis survei daring, Kamis (1/12/2022).



Burhanuddin menambahkan, dampak positif deklarasi Anies juga dinikmati Partai Demokrat yang meningkat dari 9,8% menjadi menjadi 10,9% bagi basis massa yang tahu deklarasi, dan 14,1 dari yang setuju deklarasi.

Namun, partai yang paling diuntungkan adalah PKS karena kenaikannya paling tinggi dari suara basis 5,1% menjadi 8,8% dari yang tahu deklarasi, dan 12,2% dari yang setuju deklarasi.

"Jika diasumsikan linear, peningkatan jumlah mereka yang tahu dan setuju deklarasi akan lebih meningkatkan perolehan suara Anies Baswedan dan tiga partai tersebut," terangnya.

Untuk diketahui, survei nasional ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober-5 November 2022. Dengan metode pengambilan data melalui wawancara dengan responden dilakukan secara tatap muka terhadap 1.220 sampel yang memenuhi syarat sebagai pemilih, yang terdistribusi secara proporsional.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Adapun, Margin of error survei ini diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Juga dilakukan quality control terhadap hasil wawancara secara random sebesar 20%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)