AHY: Nasdem Sudah Komunikasikan Deklarasi Anies Baswedan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:35 WIB
loading...
AHY: Nasdem Sudah Komunikasikan Deklarasi Anies Baswedan
AHY memastikan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres 2024 telah dikomunikasikan Partai Nasdem kepada Demokrat dan PKS. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghormati Partai Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Ia mengatakan partai besutan Surya Paloh itu telah berkoordinasi dengan Demokrat sebelumnya.

“Sudah berkomunikasi juga dengan Demokrat termasuk PKS di Jakarta kemarin. Kita menghormati sepenuhnya itu adalah hak dan kedaulatan Partai Nasdem. Begitu pula sebaliknya mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS,” kata AHY dalam pidato saat pelantikan 35 Ketua dan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).



Meskipun demikian, AHY mengingatkan bahwa koalisi partai politik, terlebih Pemilu 2024, penuh misteri. Sebab segala sesuatu ditentukan oleh banyak faktor.

“Koalisi itu penuh dengan misteri, karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita. Kita hanya bisa terus berikhtiar. Saya, sekjen, dan semua jajaran di Jakarta berusaha yang terbaik dan selalu terbuka ruang untuk terjadi koalisi seperti yang kita harapkan,” tutur AHY

Karena itu, AHY meminta jajaran DPP terus beriktiar untuk tidak khawatir dan gagal fokus. “Tapi sekali lagi tidak perlu terlalu khawatir dengan itu, jangan sampai kita gagal fokus. Siap semuanya ya?” AHY menyerukan.

AHY meminta seluruh kader Demokrat untuk meningkatkan terus elektabilitas partai di daerah. Ia pun berjanji akan mengumumkan pasangan capres dan cawapres Partai Demokrat di waktu yang tepat.

“Terus saja tingkatkan elektabilitas partai kita, tingkatkan elektabilitas caleg-caleg kita, tingkatkan elektabilitas supaya ada jalan ke arah sana. Dan semoga pada saatnya dan saya yakinkan di saat yang tepat, kita juga akan mengumumkan sikap kita seperti apa, dan juga mengumumkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat,” katanya.



Menurutnya, Partai Demokrat masih mempunyai waktu untuk mempersiapkan Pemilu 2024. Untuk itu, ia berharap para kader dapat bersikap tenang dan menghormati segala keputusan partai lain.

“Waktunya masih cukup karena pendaftaran itu akan terjadi di bulan September hingga Oktober 2023 tahun depan. Waktunya masih ada sehingga saya berharap para kader juga tetap tenang. Kita hormati partai-partai yang telah menentukan sikapnya,” kata AHY.

Partai Nasdem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Nama Anies diumumkan dalam Deklarasi Calon Presiden 2024 di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

"Saudara-saudara, saya meminta saudara-sadara mengawal Anies Baswedan menjadi capres 2024," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Deklarasi Calon Presiden 2024 Pilihan Partai Nasdem, Senin (3/10/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)