Ridwan Kamil, AHY, dan Sandi Masuk 3 Besar Cawapres Versi Indikator

Kamis, 01 Desember 2022 - 16:14 WIB
loading...
Ridwan Kamil, AHY, dan Sandi Masuk 3 Besar Cawapres Versi Indikator
Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk tiga besar cawapres dengan elektabilitas tertinggi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil , Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk tiga besar calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi. Hal ini terpotret dari survei terbaru Indikator Politik Indonesia bertema Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi.

Dari simulasi semi terbuka 18 nama, Ridwan Kamil, AHY, dan Sandiaga menempati urutan 3 besar cawapres. Sementara posisi keempat ditempati Erick Thohir dan kelima Khofifah Indar Parawansa.

"Jadi 18 nama semi terbuka ada 5 nama yang elektabilitasnya relatif lebih tinggi dibanding cawapres lainnya. Pertama Ridwan Kamil dipilih 19,7%, kemudian AHY 16,3%, Sandiaga Uno 12,8%, Erick Thohir itu 9,6%. Khofifah 5,3%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Kamis (1/12/2022).



Burhan menyoroti nama Erick Thohir sebagai salah satu figur cawapres yang diinginkan publik. Padahal Erick Thohir bukan orang partai dan bukan kepala daerah, melainkan menteri.

"Sandi cukup lumayan, dia top three ya, AHY 16,3%. Nama-nama lain di bawah 5%. Trennya, di bulan Agustus elektabilitas Ridwan Kamil paling tinggi kemudian turun di November, selisih antara RK dengan nama-nama lain, terutama AHY dan Sandiaga Uno tidak terlalu jauh," katanya.

Untuk diketahui, survei nasional ini dilakukan pada 30 Oktober-5 November Juni 2022. Metode pengambilan data melalui wawancara secara tatap muka terhadap 1.220 sampel yang memenuhi syarat sebagai pemilih, yang terdistribusi secara proporsional. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Dalam survei ini juga dilakukan quality control terhadap hasil wawancara secara random sebesar 20%.

Baca juga: Survei: AHY Cawapres Paling Kuat bagi Anies Baswedan
(abd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2609 seconds (11.210#12.26)