HUT ke-51 Korpri, Mendagri: Teruslah Mengabdi untuk Negeri

Selasa, 29 November 2022 - 21:13 WIB
loading...
HUT ke-51 Korpri, Mendagri: Teruslah Mengabdi untuk Negeri
HUT ke-51 Korpri Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Ary Ginanjar, Ketum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Wamen LHK Alue Dohong. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar insan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) terus mengabdi untuk negeri. Hal ini dikatakan Mendagri Tito dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korpri Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

"Jarang organisasi yang masih terus mengabdi kepada negeri khususnya. Dan ini menjadi prestasi kebanggaan bagi Korpri," kata Mendagri dalam sambutannya.

"Maka kuncinya yaitu memegang teguh core values berakhlak dan employer branding bangga melayani bangsa," lanjut Tito Karnavian.

Baca juga: PNS Diajak Bersyukur Gaji ke-13 Cair, Korpri: Jangan Menuntut ke Negara Saat Ini

Pandangan Tito ini mengapresiasi Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian yang memberikan pengarahan terkait komitmen dan introspeksi para abdi negara di HUT Korpri tersebut.

"Saya tertarik dengan yang disampaikan atau ucapan dari Pak Ary Ginanjar. Apa sebetulnya makna dari acara ini? Apakah hanya sekadar untuk upacara atau kumpul-kumpul saja sebagai ritual tahunan? Tentu tidak. Kita harus membuat keputusan, niat, komitmen demi Korpri di masa depan," jelas Tito.

Seperti yang disampaikan Ary, Tito melihat bahwa acara ini sangat penting dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan introspeksi, apa yang sudah dilakukan oleh Korpri dalam 51 tahun ke depan dengan segala plus dan minusnya dan mau ke mana Korpri di bawa ke depan.

"Saya kira ini moment yang penting untuk berkontemplasi, merenung dan juga mengevaluasi," tuturnya.

Ary Ginanjar sebelumnya menyampaikan soal tujuan dari Dirgahayu Korpri yang sebenarnya ini. "Di sini saya hanya satu jam. Saya tidak mau hanya memberikan materi semata, namun harus ada komitmen dari Anda semua selaku abdi negara," kata Ary.

Mantan ASN itu mengatakan, kepada hadirin bahwa sekaranglah saatnya semua harus membuat keputusan untuk bangkit membangun Indonesia. Menurutnya, Korpri harus mempunyai semangat untuk wujudkan Indonesia Emas 2045.

"Satu aja itu, membuat keputusan agar Korpri lebih baik dan mampu bertahan disegala kondisi. Untuk itu pegang teguh core values Berakhlak dan employer branding bangga melayani bangsa. Mengapa ini penting? Karena berakhlak adalah bibit yang memerlukan tanah yang subur untuk tumbuh berkembang," pungkasnya.

Upacara dalam rangka HUT ke-51 Korpri itu diikuti oleh 7.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh penjuru negeri baik melalui virtual ataupun hadir langsung di Istora Senayan, Jakarta.

Diketahui, Korpri adalah organisasi di Indonesia berdiri sejak 29 November 1971 yang anggotanya terdiri dari ASN, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat pemerintah desa.

HUT ke-51 Korpri kali ini mengusung tema "Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri", dengan harapan para anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Selain dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian dan Ary Ginanjar, perhelatan yang berlangsung secara luring di Istora tersebut. Dihadiri oleh Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong.

Turut mengundang juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Sosial Tri Rismaharini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)