Prabowo Bersyukur Bergabung dengan Pemerintah Mampu Satukan Indonesia

Minggu, 27 November 2022 - 14:15 WIB
loading...
Prabowo Bersyukur Bergabung dengan Pemerintah Mampu Satukan Indonesia
Menhan Prabowo Subianto hadir dan menyampaikan pidato dalam Munas XI KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/11/2022). Prabowo mengaku senang bergabungnya Gerindra dengan pemerintahan membuat Indonesia damai dan bersatu. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku bersyukur memutuskan bergabung dengan pemerintahan Presiden Jokowi seusai Pilpres 2019. Menurut dia, bergabungnya Gerindra ke dalam koalisi pemerintahan menularkan nilai positif. Indonesia kini lebih kondusif karena masyarakat damai dan bersatu.

Baginya, ketegangan dan semangat rivalitas yang terjadi lazim terjadi seperti dalam pertandingan sepak bola antarkampung. Hal tersebut disampaikannya dalam Musyawarah Nasional (Munas) XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (26/11/2022).

"Sekarang jadi contoh, kita bisa damai, kita bersatu. Ada ketegangan, semangat rivalitas, itu biasa. Sepak bola saja suka berkelahi di kecamatan, yang dikejar pun wasitnya," katanya.



Padahal, ungkap Prabowo, ketegangan horizontal sempat membuncah pada Pilpres 2019 bahkan memicu tragedi 22 Mei. Kala itu, massa pendukungnya mengadakan aksi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang akan menggelar rapat dugaan pelanggaran pemilihan umum (pemilu).

Hal tersebut sempat membuatnya gusar. Prabowo lantas memilih mendatangi para pemilihnya pada 22 Mei dini hari.

"Itu (massa aksi) banyak yang kena gas air mata. Ada anak 18 tahun itu lihat saya (dan mengatakan), 'Pak Prabowo, kami siap mati untuk Pak Prabowo,'" ucap Prabowo meniru pendukungnya tersebut.

Prabowo lantas turun dari kendaraannya dan mendekati pendukungnya. "Kamu enggak boleh mati untuk saya. Kamu harus hidup untuk orang tuamu dan untuk bangsa Indonesia."

Menurutnya, kondisi tersebut bila dilanjutkan akan mengancam stabilitas. Ketua Umum Gerindra ini lantas berupaya bijak dengan menyerukan para pendukungnya untuk pulang. Langkah itu diambilnya karena sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab besar.

"Saya minta semua pendukung saya pulang kembali supaya tidak ada perpecahan. Kita tidak boleh pecah, Saudara-Saudara. Siapa yang jadi presiden, gubernur enggak masalah, yang penting bekerja untuk rakyat Indonesia," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)