Harum di Era Soeharto, Kostrad Identik dengan Mitos Lahirnya Gatot Kaca?

Sabtu, 26 November 2022 - 06:50 WIB
loading...
Harum di Era Soeharto, Kostrad Identik dengan Mitos Lahirnya Gatot Kaca?
Pada awal tahun 1961 tepatnya 6 Maret 1961 (ditetapkan sebagai hari lahirnya Kostrad) telah diresmikan Caduad. Di mana Mayjen TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima Korra I Caduad. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pada awal tahun 1961 tepatnya 6 Maret 1961 (ditetapkan sebagai hari lahirnya Kostrad /Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) telah diresmikan Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad). Di mana Mayjen TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima Korra I Caduad. Sedangkan kepala stafnya dijabat oleh Brigjen TNI Ahmad Wiranata Kusuma.

Seperti dikutip dari kostrad .mil.id/sejarah/, Sabtu (26/11/2022), untuk pengisian personel Korra I Caduad diambil dari Kodam-Kodam, dari pendidikan dasar masing-masing kecabangan. Sehingga akhirnya Korra I/Caduad mempunyai kekuatan I Divisi Inf dengan memiliki pasukan inti 1 Brigade Para, satuan Banpur dan satuan Banmin.

Setelah Irian Barat berhasil masuk wilayah NKRI, maka Operasi kemudian dilanjutkan dengan Operasi 'Wisnu Murti' yaitu operasi lanjutan sebagai langkah konsolidasi yang bersifat Binter dan Operasi Linud yang sifatnya tempur.

Baca juga: Peringati HUT ke-61 Kostrad, Ini Pesan Khusus Pangkostrad ke Prajurit

Berdasarkan pengalaman dari Komando Mandala ini, maka Mayjen TNI Soeharto membuat telaahan staf yang intinya perlunya dibentuk pasukan cadangan strategis.

Akhirnya gagasan ini disetujui, maka berdasarkan Skep KSAD No: KPTS 178/2/1963 tgl 19 Feb 1963 diputuskan bahwa Korra I Caduad resmi menjadi Kostrad.

Dengan tugas pokoknya untuk melaksanakan operasi militer baik secara berdiri sendiri maupun bagian dalam suatu operasi gabungan dalam rangka mempertahankan NKRI.

Baca juga: KSAD Jenderal TNI Dudung: Hati Nurani Saya Masih di Kostrad

Kelahiran Kostrad identik dengan mitos lahirnya Gatot Kaca dalam cerita pewayangan, pada awal lahirnya Kostrad sudah diberi kepercayaan melaksanakan tugas Operasi dengan sukses di Irian Barat.

Ini merupakan suatu gemblengan pengalaman seperti gemblengan Gatot Kaca yang digodog dalam kawah Candradimuka yang akhirnya keluar menjadi ksatria yang gagah berani, memiliki otot kawat tulang besi, pilih tanding disegani lawan maupun kawan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3619 seconds (11.210#12.26)