4 Letnan Jenderal TNI Pemilik Brevet Cakra Kostrad, Nomor 3 Wakil Menteri Pertahanan

Jum'at, 25 November 2022 - 21:16 WIB
loading...
4 Letnan Jenderal TNI Pemilik Brevet Cakra Kostrad, Nomor 3 Wakil Menteri Pertahanan
Terdapat empat Letnan Jenderal TNI pemilik Brevet Cakra Kostrad yang bisa diketahui. Salah satunya LEtjen M. Herindra. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat Letnan Jenderal TNI pemilik Brevet Cakra Kostrad yang bisa diketahui. Brevet tersebut merepresentasikan bahwa mereka termasuk ke dalam keluarga besar Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Dikutip dari tni.mil.id, Letjen TNI dalam kepangkatannya berada tepat di bawah Jenderal TNI. Pangkat ini juga dikonotasikan sebagai Jenderal Bintang Tiga.

Baca juga : Pangkostrad Tutup Latihan Standardisasi, Sematkan Brevet Cakra kepada 500 Prajurit

Sebagai seorang Perwira Tinggi TNI, para Letjen ini sudah dipastikan memiliki kemampuan mumpuni yang dapat dilihat dari brevetnya.

Salah satu brevet yang khusus yang tersemat di seragam mereka adalah Brevet Cakra Kostrad. Dilansir dari kostrad.mil.id, setiap prajurit yang memiliki brevet ini berarti telah mengikuti latihan standarisasi prajurit Kostrad dan telah resmi menyandang predikat prajurit Cakra Kostrad.

Berikut empat letnan Jenderal TNI pemilik brevet cakra kostrad :

1. Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Sebagai seorang Panglima Kostrad, sudah dipastikan bahwa Letjen TNI Maruli Simanjuntak memiliki Brevet Cakra Kostrad.

Pria kelahiran 27 Februari 1970 ini juga memiliki brevet lain seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Para Utama, dan Brevet Kualifikasi Intai Tempur.

Tidak hanya itu, beberapa brevet dari militer asing juga turut tersemat di seragam kebesarannya, seperti Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), dan Advanced Military Free Fall Parachutist Badge (Singapore Army).

2. Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono

Jenderal Bintang Tiga yang sekarang tengah menjabat sebagai sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia juga memiliki Brevet Cakra Kostrad karena dalam riwayat jabatannya dia sempat bertugas sebagai Aster Kasdivif 1/Kostrad pada 2010.

Beberapa brevet lain juga tersemat dalam seragam pria asal Semarang ini, seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, dan Brevet Kualifikasi Pandu Udara (Pathfinder).

Baca juga : Pangkostrad Luncurkan Buku Delapan Kekuatan Cakra

3. Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra

Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra saat ini tengah menjabat sebagai sebagai Wakil Menteri Pertahanan Indonesia sejak tanggal 23 Desember 2020. Meskipun tidak pernah masuk dalam satuan Kostrad namun dia sempat mengikuti latihan standarisasi prajurit Kostrad.

Brevet itu didapat ketika Muhammad Herindra menjabat sebagai Irjen TNI, pada tahun 2019 lalu yang disematkan oleh Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan.

Selain brevet Kostrad terdapat brevet lain yang dimilikinya, seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Para Utama, Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror, Master Parachutist Badge (Singapore Army), Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army), dan Brevet Bhayangkara Bahari.

4. Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah

Perwira Tinggi TNI yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional juga memiliki Brevet Cakra Kostrad, karena sempat tergabung dalam Kostrad ketika menyandang pangkat Letnan Kolonel.

Letjen M.S. Fadhilah rupanya pernah bertugas sebagai Ajudan Wakil Presiden RI Boediono. Selain brevet Cakra Kostrad beberapa brevet lain juga dimilikinya seperti Brevet Para Dasar, Brevet Selam TNI, dan Pin Setia Waspada Paspampres.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2296 seconds (10.177#12.26)