Kemenkumham Umumkan 3 Calon Dirjen Imigrasi, 1 Berlatar Belakang Militer

Jum'at, 25 November 2022 - 11:52 WIB
loading...
Kemenkumham Umumkan 3 Calon Dirjen Imigrasi, 1 Berlatar Belakang Militer
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengumumkan tiga orang calon Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham ) mengumumkan tiga orang calon Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Mereka adalah Silmy Karim, Lucky Agung Binarto, dan Julexi Tambayong.

Kemenkumham telah mengumumkan hasil akhir seleksi terbuka Dirjen Imigrasi. Hal itu dituangkan dalam Pengumuman Kemenkumham Nomor SEK-KP.03.03-814 tentang hasil Akhir Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham tahun 2022 tertanggal 23 November 2022.

"Dari 27 peserta yang dipanggil untuk seleksi wawancara, terpilih tiga peserta terbaik," ujar Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Jumat (25/11/2022).





Penentuan tiga peserta terbaik ini didasarkan pada hasil seleksi administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang melalui penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural secara asesmen, serta wawancara. Dia mengatakan, tahap selanjutnya pansel merekomendasikan ketiga nama tersebut kepada Menteri Hukum dan HAM.

Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Sekretariat Presiden. "Pansel menyerahkan rekomendasi tiga peserta terbaik itu kepada Menteri. Selanjutnya bapak Menteri menyampaikan ketiga nama tersebut kepada Presiden melalui Sekretariat Presiden untuk ditentukan agar terpilih satu peserta yang akan menduduki jabatan Dirjen Imigrasi," tutur Andap yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) ini.

Selain kepada Presiden, pansel juga menyampaikan laporan hasi seleksi akhir ini kepada kepada Komisi Aparatur Sipil Negara sebagai laporan. Ketiga peserta terbaik, lanjut Andap, memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Silmy Karim adalah Direktur Utama Krakatau Steel yang mengikuti seleksi dari kategori Non-PNS. Kemudian Lucky Agung Binarto merupakan kader Kemenkumham dari Akademi Imigrasi. Sementara itu, Julexi Tambayong berlatar belakang militer yaitu dari matra TNI AU.

Andap yakin bahwa tiga nama yang direkomendasikan adalah nama-nama terbaik yang memiliki kapabilitas dan kapasitas mumpuni untuk menahkodai imigrasi ke depan. “Berdasarkan proses seleksi dari awal hingga akhir, ketiga nama yang direkomendasikan oleh pansel adalah nama-nama terbaik dengan hasil seleksi terbaik yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni sebagai nahkoda Direktorat Jenderal Imigrasi ke depan,” pungkas Andap.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)