5.300 Atlet Semarakkan Peringatan 1 Abad NU lewat Porseni

Rabu, 23 November 2022 - 14:44 WIB
loading...
5.300 Atlet Semarakkan Peringatan 1 Abad NU lewat Porseni
Nabil Haroen menjelaskan Porseni mempertandingkan lima cabang olahraga dan dua seni. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di Solo, Jawa Tengah pada 14-21 Januari 2023. Ini merupakan kali pertama NU menggelar kegiatan olahraga bersama badan otonom (banom).

Kegiatan ini sekaligus menyemarakkan Peringatan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU yang jatuh pada 16 Rajab 1444, bertepatan dengan 7 Februari 2023.

"Ini adalah pekan olahraga seni pertama NU ya, karena biasanya Ma'arif NU menyelenggarakan sendiri, Pagar Nusa ini sendiri ya. Ini dijadikan satu bareng dan ini adalah Porseni pertama NU," kata Bendahara Pelaksana Porseni NU Muchamad Nabil Haroen di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: PBNU Konsisten Menolak Pembebasan Investasi Miras

Pria yang akrab disapa Gus Nabil menjelaskan Porseni NU akan diikuti lebih dari 5.300 atlet, 800 official, ditambah sekitar 9.000 panitia yang terdiri dari perangkat pertandingan, wasit, tim medis, keamanan dan sebagainya.

Lebih lanjut, Gus Nabil menyebut setidaknya ada lima cabang olahraga dan dua seni. Cabang olahraga yaitu sepak bola, bola voli, bulu tangkis, pencak silat, gerak jalan, dan jalan sehat. Sedangkan dua unsur seni adalah qiraatul kitab kuning, dan shalawat serta hafalan Al-Quran.

"Kita kemarin sudah bertemu dengan Mas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disambut dengan baik dan Mas Wali akan mengerahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensukseskan Porseni NU,"tutur dia.

Sebagai Ketum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, Gus Nabil juga turut menyiapkan sejumlah atraksi bela diri untuk pembukaan dan penutupan Porseni NU.



Nantinya PSNU Pagar Nusa akan menampilkan kolosal dengan 1.200 pendekar sebagai wujud menandai 1.200 bulan yang telah dilalui NU.

"Atraksi-atraksi juga kita akan siapkan saat opening maupun closing. Kalau koleksi di kita kan banyak sekali, mungkin bisa kita kolosal dengan 1.200 pendekar untuk menandai 1.200 bulan yang sudah dilalui oleh NU," tutur dia.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2274 seconds (10.177#12.26)