Dirikan Mushola, Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad juga Ajarkan Anak-Anak Mengaji di Daerah Penugasan

Rabu, 23 November 2022 - 14:04 WIB
loading...
Dirikan Mushola, Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad juga Ajarkan Anak-Anak Mengaji di Daerah Penugasan
Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad merupakan salah satu unit tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berdinas di salah satu daerah Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad merupakan salah satu unit tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berdinas di salah satu daerah Indonesia. Selama berada di daerah penugasan, mereka tak hanya menjaga keamanan wilayah saja, tetapi juga membantu pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya masyarakat setempat.

Dari sekian banyak hal yang dilakukan, salah satu bentuk bantuan yang dilakukan Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad di daerah penugasan adalah ikut membangun mushola dan mengajarkan pelajaran mengaji kepada anak-anak sekitar.

Baca juga : Hendak Diselundupkan ke Timor Leste, 120 Liter BBM Disita Prajurit Yonarmed 6/3 Kostrad

Dikutip dari laman resmi TNI, Pos Ramil Laha yang menjadi bagian dari Satgas Yonarmed 1 Kostrad ini membuka tempat untuk mengajar anak-anak mengaji di salah satu pos yang terletak di Dusun Air Manis, Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Usut punya usut, ternyata inisiatif ini didasarkan pada anggota yang bertugas kala melihat anak-anak sekitar bermain di sekitar pos sejak sore hingga malam hari. Pada akhirnya, mereka mencoba untuk mengajak anak-anak tersebut melaksanakan sholat maghrib berjamaah.

Tak hanya sholat berjamaah, anggota Satgas Yonarmed 1 Kostrad ini juga menyempatkan diri untuk mengajarkan anak-anak tersebut pembelajaran mengaji. Danpos Ramil Laha Letda Arm Ahmat Solikhin menyampaikan bahwa kegiatan ini disambut positif oleh warga sekitar.

Baca juga : Darurat Corona, Prajurit Yonarmed 12 Tebar Empati untuk Warga

Terbukti, selama berjalannya kegiatan, minat dan antusias anak-anak sekitar terus konsisten dan jumlahnya terus bertambah.

“Anak-anak yang belajar mengaji di Pos itu awalnya hanya beberapa saja dan sekarang semakin terus bertambah antusias, berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat Dusun Air Manis kepada Pos Satgas Yonarmed 1 Kostrad,” ucap Danpos Ramil Laha seperti dikutip.

Pada akhirnya, anggota TNI yang bertugas ini melakukan inisiatif untuk mendirikan mengalihfungsikan sebuah gudang dan disulap menjadi mushola yang layak pakai. Pada fungsinya, mushola tersebut nantinya diharapkan bisa digunakan untuk melangsungkan kegiatan ibadah serta pembelajaran mengaji untuk anak-anak.

Dalam riwayatnya, ternyata ini bukan pertama kali Satgas Satuan Organik Yonarmed 1 Kostrad ini membantu warga sekitar selama penugasan. Sebagai contoh, pada bulan September 2022, anggota dari Posramil Tuhaha membantu masyarakat yang tengah membuat penampungan air di Negeri Tuhaha, Kecamatan Saparua Timur, Maluku Tengah.

Danposramil Tuhaha Letda Arm Santoso menyebut hal ini sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI di tengah masyarakat, seperti yang tertuang pada 8 wajib TNI. Selain itu, dia berharap bahwa hal ini akan semakin memperdalam hubungan prajurit TNI dengan warga sekitar.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)