Gempa Cianjur, Baguna PDIP Terjunkan Dokter hingga Dirikan Dapur Umum

Selasa, 22 November 2022 - 15:12 WIB
loading...
Gempa Cianjur, Baguna PDIP Terjunkan Dokter hingga Dirikan Dapur Umum
Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning saat mengunjungi korban dari gempa Cianjur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gempa Cianjur , Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (21/11/2022) dengan Magnitudo 5,6 memberikan dampak dahsyat. Data terbaru menyebutkan sebanyak 162 korban meninggal akibat gempa tersebut.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan, partainya telah menerjukan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP ke lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat. Baguna juga membawa tim dokter hingga akan mendirikan dapur umum di lokasi.

"Saat ini yang sudah di lokasi untuk memberi bantuan dari Baguna DPD PDIP Jabar, Baguna Bandung Barat, Baguna Garut, dan Baguna Cianjur. Untuk dapur umum Baguna di kantor DPC PDIP Cianjur, karena bisa menjangkau langsung dua lokasi," kata Hasto, dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: BNPB Sebut Dampak Gempa Cianjur Kerusakannya Masif

Dia menyampaikan, Baguna PDIP saat ini juga sedang mempertimbangkan untuk melibatkan Baguna PDIP Jawa Tengah untuk turut membantu tugas-tugas kemanusiaan terhadap warga Cianjur yang terdampak gempa kemarin.

"Kami masih menunggu laporan tim penanganan bencana, dari Baguna sudah cukup apa masih membutuhkan bantuan dari luar daerah," ujarnya.

Hasto menerima laporan dari Wakil Kepala Baguna PDIP, Chaerul, yang menyampaikan banyak korban yang tidak mau dibawa ke rumah sakit dan menginginkan tim medis yang datang. Namun, situasi yang masih darurat, ditambah akses yang terhalang reruntuhan menyebabkan ambulans cukup kesulitan masuk ke lokasi bencana.

"Berdasarkan laporan yang masuk, yang dibutuhkan di sana saat ini antara lain adalah pakaian dalam, pampers, dan pembalut wanita," tuturnya.

Hasto menambahkan, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning saat ini sedang mengoordinir agar sembako dari kantor DPP PDIP untuk segera didistribusikan ke Cianjur.

"PDI Perjuangan menyampaikan turut berduka dan ikut berpartisipasi menanggulangi dampak gempa yang menimpa warga Cianjur. Saat ini kerja-kerja kemanusiaan menjadi prioritas untuk meringankan beban warga. Mari bergotong royong membantu dan menangani dampak gempa Cianjur," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)