Soal Reshuffle Kabinet, Muhaimin Iskandar Optimistis Menteri PKB Aman

Rabu, 08 Juli 2020 - 19:39 WIB
loading...
Soal Reshuffle Kabinet, Muhaimin Iskandar Optimistis Menteri PKB Aman
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) mengatakan bahwa reshuffle menjadi wewenang penuh Presiden Jokowi. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka wacana untuk melakukan perombakan (reshuffle) kabinet dalam rapat kabinet pada Kamis (18/7/2020). Wacana tersebut muncul atas kegeraman Jokowi melihat kinerja sejumlah pembantunya yang dinilai masih biasa-biasa saja di tengah kondisi yang tidak normal akibat pandemi COVID-19 saat ini.

Menanggapi kemungkinan adanya reshuffle tersebut, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) mengatakan bahwa reshuffle menjadi wewenang penuh Presiden Jokowi. ”Itu memang kewenangan prerogatif Presiden. Hak Presiden untuk mengumumkan, mengganti, mengingatkan menteri. Memang kewenangan Presiden,” ujar Gus AMI usai menerima kunjungan Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020). (Baca juga: PKB-Demokrat Jalin Koalisi di 30 Pilkada Serentak 2020)

Disinggung mengenai pos-pos kementerian yang dijabat oleh para kader PKB, Gus AMI mengaku tidak ada kekhawatiran akan adanya pengurangan atau pergeseran kursi menteri. ”Kita optimis enggak ada masalah,” katanya.

Menurut Gus AMI, sejauh ini tiga menteri dari PKB yakni Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar telah menunjukkan kinerja yang cukup baik.

”Bagus, jalan bagus,” kata Gus AMI menilai kinerja ketiga menteri dari PKB.

Disinggung mengenai nama Mendag yang jarang terlihat di pemberitaan media, Gus AMI menilai sejauh ini juga tidak ada masalah. ”Enggak ada yang menyerang, oke-oke saja,” ucapnya.

Begitu pula soal nama Ida Fauziyah yang dalam survei Indonesia Political Opinion (IPO) juga dinilai kurang greget, Gus AMI mengaku tidak tahu. ”Enggak tahu saya. Sejauh ini ketiganya sudah bagus. Tapi itu penilaian saya, tapi presiden punya penilaian sendiri,” tuturnya. (Baca juga: Terima Kedatangan AHY, Cak Imin: Selamat Jadi Ketua Umum)

Wakil Ketua DPR ini mengaku sejauh ini juga belum ada pembicaraan dengan Presiden Jokowi mengenai isu reshuffle. Karena itu, dirinya optimistis kursi ketiga menteri PKB bakal aman. ”Enggak lah (pengurangan atau pergeseran, red). Aman,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)