KTT G20 Sukses, Presiden Jokowi Dinilai Berhasil Bawa Budaya Indonesia Mendunia

Minggu, 20 November 2022 - 18:02 WIB
loading...
KTT G20 Sukses, Presiden Jokowi Dinilai Berhasil Bawa Budaya Indonesia Mendunia
Presiden Jokowi dinilai telah sukses membawa budaya Indonesia mendunia dalam perhelatan KTT G20 di Bali. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai telah sukses membawa budaya Indonesia mendunia. Hal tersebut terlihat dalam rangkaian kegiatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Jokowi menggagas rangkaian kegiatan KTT G20 bagai parade budaya. Berbagai kearifan lokal mulai dari pakaian adat hingga tari-tarian khas berbagai daerah ditampilkan di hadapan para pemimpin dunia.

Langkah Jokowi memperkenalkan budaya Indonesia di kancah dunia mendapat apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya diungkapkan oleh Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Serang Kusna Ramdani. ”Jokowi telah berhasil membawa budaya Indonesia mendunia,” ujarnya, Minggu (20/11/2022).



Menurutnya Jokowi telah menunjukkan budaya Indonesia sangat beranekaragam dan membanggakan. Rasa bangga Jokowi ditunjukkan dengan dikenakannya baju adat Bali pada kegiatan makan malam bersama seluruh delegasi dari KTT G20. Sementara beberapa tamu yang datang ikut mengenakan baju batik khas Indonesia. Seperti Presiden Xi Jinping yang datang dengan baju batik berwarna biru dan Perdana Menteri Justin Trudeau mengenakan batik berwarna fuchsia.



“Kemarin ketika G20, beliau mengenakan batik dan baju adat dari Bali. Itu salah satu penerapan bahwa budaya Indonesia ini sudah dikenal oleh seluruh dunia,” ujar Kusna.

Kusna menambahkan, kegiatan KTT G20 bukan satu-satunya acara yang menunjukkan Jokowi bangga mengenakan bajut adat nasional. Di banyak kegiatan, Jokowi kerap mengenakan baju-baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut Kusna apa yang sudah dilakukan oleh Jokowi merupakan wujud penerapan nilai-nilai kebudayaan. Kusna mengatakan Jokowi telah memberikan contoh konkret bagaimana menjaga identitas bangsa.

“Kalau menurut saya strategi dari Pak Jokowi untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan sangat bagus. Contoh konkret dari Pak Jokowi ini setiap ada momen-momen nasional bahkan internasional beliau selalu memakai pakaian budaya, pakaian adat,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2494 seconds (0.1#10.140)