TGB Zainul Majdi: Kiprah Kiai Ahmad Dahlan Harus Diketahui Generasi Saat Ini

Sabtu, 19 November 2022 - 08:12 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi: Kiprah Kiai Ahmad Dahlan Harus Diketahui Generasi Saat Ini
Ketua OIAA yang juga Ketua Umum PB NWDI TGB HM Zainul Majdi bersama kader Muhammadiyah Ahmad Rofiq dan Pengurus NWDI Yogyakarta di Makam Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) TGB HM Zainul Majdi berziarah ke makam pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan di Karang Kajen, Yogyakarta, Jumat (18/11/2022) malam. Ziarah dilakukan TGB Zainul Majdi sebelum menghadiri Muktamar Muhammadiyah yang berlangsung hari ini, Sabtu (19/11/2022).

"Ziarah ini sekaligus mengingatkan diri kita dan generasi saat ini tentang kiprah beliau (Kiai Ahmad Dahlan), " katanya.

Ketua Harian Nasional Partai Perindo ini menjelaskan, pada 2022 Muhammadiyah berusia 110 tahun dan menggelar Muktamar ke-48. Hal ini membuktikan kontribusi nyata dan amal jariyah dari Kiai Ahmad Dahlan. Sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, kata TGB, kiprah Kiai Ahmad Dahlan harus diketahui dan diteladani generasi saat ini.

Baca juga: Jelang Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Ketua Harian Perindo TGB Ziarah ke Makam KH Ahmad Dahlan

"Amal jariyah itu tak sekadar aset semata tapi juga ada penguatan rohani bagi umat," katanya.

Hal lain yang patut juga menjadi teladan adalah ketulusan Kiai Ahmad Dahlan memahami masyarakat. "Terus memberikan hal yang terbaik, keikhlasan itu membuat usia dari persyarikatan ini panjang sampai kini," tutur TGB.

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia ini berharap kearifan kolektif dari Muhammadiyah tetap terjaga seperti Sang Surya yang terus menerangi. "Yang punya rumah (kader) Muhammadiyah tentu lebih tahu seperti apa," ucapnya.

Dalam ziarah ini TGB juga menyebutkan beberapa nama kader Muhammadiyah yang dimakamkan di Karang Kajen seperti KH Munahar Ilyas, Prof Lafran Pane, KH AR Fakhruddin yang memiliki peran bagi Indonesia.



Ketua Takmir Masjid H Suharjo berterima kasih atas kunjungan TGB Zainul Majdi. Ziarah ini sekaligus untuk terus mengingatkan kiprah para pendiri Muhammadiyah.

Dalam ziarah ini TGB juga ditemani Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofik yang juga merupakan kader Muhammadiyah. Jajaran Pengurus Wilayah NWDI Yogyakarta beserta Himmah NWDI dan Pemuda NWDI ikut turut serta.

Ziarah yang dilakukan malam hari ini berlangsung khidmat di tengah rintik hujan. Usai doa bersama TGB juga bertemu pengurus Masjid Karang Kajen.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)