Profil Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo, KSAD yang Merasakan Kepemimpinan Tiga Presiden

Jum'at, 18 November 2022 - 19:16 WIB
loading...
Profil Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo, KSAD yang Merasakan Kepemimpinan Tiga Presiden
Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo merupakan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang mengalami tiga kali pergantian presiden. Foto DOK MPI
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo merupakan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang mengalami tiga kali pergantian presiden. Selama berkarier di militer , Subagyo Hadi Siswoyo memiliki sejumlah prestasi yang mengaggumkan.

Jenderal TNI Subagyo mulai dilantik sebagai KSAD pada Februari 1998, kala itu Presiden Soeharto masih berkuasa sebelum diturunkan pada tanggal 21 Mei 1998.

Baca juga : Jenguk Mantan KSAD Subagyo HS, Prabowo Didoakan Jadi Presiden

Jabatan Presiden akhirnya jatuh ke tangan sang wakil B. J. Habibie, yang kala itu hanya menjabat selama satu tahun sampai 20 Oktober 1999.

Kemudian naiklah Presiden ke 4, Abdurrahman Wahid. Sementara Jenderal TNI Subagyo baru melepas jabatannya pada November 1999.

Dengan begitu, Subagyo Hadi Siswoyo merupakan satu-satunya KASAD yang sempat merasakan tiga kepemimpinan presiden yang berbeda meskipun hanya menjabat selama satu tahun lebih. Mulai dari kisruh 98 hingga terpilihnya Gus Dur pada Pemilu 1999.

Baca juga : Kisah Jenderal TNI Subagyo HS Pernah Ditertawakan, Akhirnya Jadi Danjen Kopassus hingga KSAD

Berikut profil Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo.

Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo lahir pada 12 Juni 1946, yang dikutip dari setneg.go.id. sekolah AKABRI dipilihnya demi masuk ke dunia militer.

Setelah lulus pada 1970, kedudukan Komandan Pleton Taruna sempat dipercayakan padanya, hingga kemudian menjadi Danton 1 Kompi 2 Grup 2 Kopassandha (nama sebelum menjadi Kopassus) hingga tahun 1975.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2451 seconds (10.177#12.26)