Pesan Khusus LB Moerdani kepada Sintong Panjaitan saat Ditugaskan Operasi di Dili

Kamis, 17 November 2022 - 06:29 WIB
loading...
Pesan Khusus LB Moerdani kepada Sintong Panjaitan saat Ditugaskan Operasi di Dili
Jenderal TNI LB Moerdani memberi pesan khusus kepada Sintong Panjaitan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Insiden 12 November 1991 di Dili, Timor Timur, saat ini telah menjadi negara Timor Leste, tidak terlepas dari peristiwa pada tanggal 12 Oktober 1989. Sekitar 20 pemuda menggelar poster antiintegrasi, seusai Paus Paulus II melakukan misa di Tasi Tolu, Dili.

Pada tanggal 4 November 1989, sekitar 50-an pemuda melakukan pelemparan batu terhadap dua orang petugas di Lapangan Lesidere, Dili.

Hingga puncaknya terjadi perkelahian antara sekelompok pemuda antiintegrasi yang telah berada di dalam kompleks Gereja Motael, dengan sekelompok pemuda prointegrasi yang sebagian besar datang dari luar kompleks.

Perkelahian itu kemudian menewaskan Sebastiao Gomes dari pihak antiintegrasi dan Afonso Gomes dari kelompok prointegrasi. Peristiwa ini kemudian memunculkan konsentrasi massa di Gereja Motael.

Baca juga: Di Balik Konflik Jenderal M Jusuf Versus LB Moerdani

Rentetan peristiwa tersebut dan selanjutnya, membawa Sintong Panjaitan yang kala itu berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI mendapat tugas sebagai Panglima Komando Operasi Militer Kolakops/Koopskam/Teritorial TNI di Timor Timur.

Sementara Sintong Panjaitan baru mengetahui terjadinya peristiwa 12 November 1991 di Dili, pada hari yang sama ketika ia sedang bersama KSAD Jenderal TNI Edi Sudrajat.

Saat itu untuk dia mengikuti rapat tentang operasi dan latihan di Akademi Militer, Magelang. Sintong mengungkapkan, ia sangat terkejut dengan terjadinya peristiwa tersebut.

Seperti dikutip SINDOnews dari buku Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando, Kamis (17/11/2022), keesokan harinya Sintong langsung berangkat ke Dili untuk mengambil alih pimpinan.

Baca juga: Kisah LB Moerdani yang Menolak Diambil Menantu Bung Karno
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3592 seconds (10.55#12.26)